Ucapan Selamat Idulfitri yang Sesuai Sunah Rasulullah

  Selasa, 11 Mei 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi salat Id. (ayosurabaya)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Menjelang Hari Raya Idulfitri, momen berkirim pesan saling memaafkan adalah hal yang jamak dijumpai. Terutama di tengah suasana pandemi dan larangan mudik, berkirim ucapan Idulfitri adalah penyambung silaturahmi.

Namun, sudahkah ucapan Idulfitri Anda memiliki makna yang tepat?

Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Ahmad Satori Ismail mengatakan, selama ini ucapan yang biasa diucapkan umat Islam Indonesia adalah Minal Aidin wal Faizin. Sebenarnya ucapan ini kurang lengkap atau kependekan dari Ja'alanallahu Minal Aidin wal Faizin.

AYO BACA : Doa Hari ke-29 Ramadan dan Artinya

"Artinya, semoga Allah menjadikan kita termasuk orang yang kembali fitrah dan orang yang mendapat kemenangan," ujar dia sebagaimana dilansir dari Republika, Selasa 10 Mei 2021. 

Ucapan ini dibuat oleh ulama belakangan khususnya di Indonesia sebagai ucapan hari raya Idul Fitri hingga kini menjadi budaya di Indonesia. Ini doa yang bagus karena mendoakan sesama Muslim agar kembali fitrah dan mendapat kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan.

Namun, ucapan yang disunnahkan sesuai anjuran Rasulullah adalah Taqaballahu Minna wa Minkum. Artinya, semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian.

AYO BACA : Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal Satu Menit Setelah Azan Magrib

Hal ini sesuai dengan hadits dari Jubair bin Nafir, "Apabila sehabat-sahabat Rasulullah bertemu pada hari raya, mereka saling mengucapkan Taqaballahu Minna wa Minkum".

Kemudian orang yang mendapat ucapan ini menjawabnya dengan Taqaballahu ya Karim. Artinya, semoga Allah menerima doa kami.

Dengan ucapan ini diharapkan setelah sebulan menghidupkan malam-malam Ramadhan, memperbanyak sedekah, keinginannya agar semua amalnya itu diterima Allah SWT. Doa-doanya selama ini diterima Allah dan dilepaskan dari siksa api neraka.

Menurut Kiai Satori, ucapan manapun bisa dipilih bergantung kebutuhan. Namun, jika ingin mengikuti sunnah maka dapat mengucapkan ucapan hari raya sesuai anjuran Rasulullah. 

AYO BACA : Tanda-tanda Pembukaan Gelombang 17 Belum Terlihat, Kemungkinan Dibuka Setelah Lebaran

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar