Jelang Idulfitri, Polrestabes Surabaya Perketat Keamanan dan Pengawasan Prokes

  Selasa, 11 Mei 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi salat Idulfitri 2017. (ayosurabaya)

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 melakukan beragam persiapan untuk pengamanan dan pemantauan protokol kesehatan (prokes) selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah. Begitu pula yang hendak diantisipasi oleh Polrestabes Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir mengatakan, kapasitas dan monitoring prokes secara ketat tetap dilakukan para personelnya. Nantinya, pihak kepolisian bergabung bersama sejumlah instansi lain dari Dishub, TNI, hingga relawan.

"Jadi, personel kami dari Polrestabes Surabaya akan kita turunkan," kata Isir saat dijumpai, Selasa (11/5/2021).

AYO BACA : Kuota Gratis Kemendikbud Mei Cair Mulai Hari Ini, Bagaimana Cara Mendapatkannya ?

Isir menjelaskan, petugas akan meng-up date kembali identifikasi dan pendataan masjid atau musala yang akan melaksanakan salat Id. Pun dengan tempat-tempat terbuka untuk pelaksanaan salat. 

Isir menyebutkan, model sosialisasi yang dilakukan takmir Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) diharapkan bisa menjadi percontohan bagi rumah ibadah lainnya. Karena, panitia MAS telah mensosialisasikan video virtual dari media sosial dan web yang bisa diakses khalayak sebelum melakukan salat Ied. Supaya, saat pelaksanaan, tidak terjadi salah kaprah.

"Semoga, itu (sosialisasi dari MAS) bisa jadi pedoman untuk takmir masjid di wilayah kota Surabaya lainnya terkait prokes selama salat," tuturnya.

AYO BACA : Basuki Tjahaja Purnama Sampaikan Turut Berduka untuk Ustaz Tengku Zulkarnain

Selain itu, Isir akan menempatkan sejumlah personelnya di titik-titik yang telah ditentukan. Tak menutup kemungkinan, akan dilakukan backup dari satuan atau instansi lain seiring update data atau volume masyarakat yang sangat dinamis dengan harapan prokes betul-betul dilaksanakan secara disiplin.

"Saya yakin, warga Kota Surabaya ini betul-betul dewasa dan bertanggungjawab, untuk melaksanakan salat Ied dengan disiplin prokes," ujarnya.

Untuk persiapan pengamanan lokasi wisata, Isir menegaskan juga telah diantisipasi. Dalam pelaksanaannya, Polrestabes Surabaya akan berkoordinasi dengan pengurus lokasi wisata untuk mengatur pemesanan tiket, kapasitas, hingga memonitoring penerapan prokes secara keseluruhan. 

"Kita mengontrol jumlah pengunjung bersama pengelola, seperti di Monkasel (Monumen Kapal Selam) dan Bonbin (Kebun Binatang Surabaya). Kalau (kapasitas) sudah 50% ya sudah, tidak boleh (tambah).

Isir mengungkapkan, masyarakat boleh melakukan segala aktifitasnya dimana saja dan kapan saja. Namun, harus disiplin prokes

"Karena, kita ingin warga Surabaya ini sehat dan selamat. Di Bonbin misalnya, kan ada personel di Pos Pam (Pos Pengamanan) dan Pos Yan (Pos Pelayanan), disitu nanti jobdesknya akan patroli di dalam (lokasi wisata) bersama Satgas Mandiri dari pengelola," tutupnya.

AYO BACA : Berdasarkan Ilmu Falak, Perkiraan 1 Syawal 1442 Jatuh Pada 13 Mei 2021

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar