Kartu Prakerja Gelombang 17 Dibuka Segera, Ini Cara Cairkan Insentif Agar Tak Hangus

  Rabu, 12 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi Kartu prakerja Gelombang 17. (Prakerja.go.id)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Program bantuan Kartu Prakerja Gelombang 17 segera dibuka mengingat pencabutan kepesertaan gelombang 12 hingga 16 telah selesai dilakukan.

Sebelum menjadi penerima Kartu Prakerja Gelombang 17, ada baiknya Anda tahu bagaimana cara mencairkan insentif agar bisa dimanfaatkan dan tidak hangus.

Jika nanti Anda diterima menjadi penerima Kartu Prakerja Gelombang 17, Anda akan mendapat notifikasi.

Bagi para peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja, akan mendapatkan notifikasi melalui SMS atau bisa mengeceknya melalui dashboard akun masing-masing.

Biaya pelatihan yang diberikan adalah sebesar Rp 1 juta, yang tidak bisa diuangkan atau diberikan secara non-tunai. Besaran ini dapat digunakan untuk melakukan pembelian pelatihan di platform yang tersedia.

Dilansir dari laman resmi Prakerja, terdapat dua jenis insentif, yaitu:

  • Insentif biaya mencari kerja, yaitu sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan.
  • Insentif pengisian survei evaluasi, yaitu sebesar Rp50.000 per survei.

Lantas, bagaimana cara mencairkan insentif Prakerja? Uang tersebut memang bisa dicairkan, berbeda dengan biaya pelatihan yang besarannya Rp 1 juta.

Biaya pelatihan hanya dapat digunakan untuk membeli pelatihan yang disediakan oleh mitra Prakerja.

Untuk mendapatkan insentif biaya mencari kerja, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sudah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat
  • Sudah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan
  • Sudah memberikan penilaian kepada Lembaga Pelatihan di Platform Digital
  • Berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun situs www.prakerja.go.id
  • Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan sudah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait

Apabila Anda mengikuti lebih dari satu pelatihan, maka insentif biaya mencari kerja hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Itu artinya, tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.

Adapun Cara Mencairkan Insentif Prakerja adalah sebagai berikut:

Penting untuk diperhatikan, bahwa cara mencairkan insentif Prakerja ini akan diterima jika Anda telah mengisi survei di akun www.prakerja.go.id untuk mengevaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja.

Untuk mencairkan insentif di rekening dapat dilakukan dengan cara tarik tunai BNI. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan opsi e-wallet, maka Anda bisa mencairkan uang tersebut dengan transfer ke nomor rekening Anda (selain BNI) lalu mengambilnya dengan cara tarik tunai.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar