Sholat Idul Fitri 2021 Pakai Masker Sah atau Tidak?

  Rabu, 12 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
Sholat Idul Fitri 2021 Pakai Masker Sah atau Tidak? (Ayobandung.com)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Apakah sholat Idul Fitri 2021 pakai masker sah atau tidak? Bagaimana hukumnya dalam Islam?

Mengutip Suara (Jaringan Ayosurabaya) Pengasuh LPD Al-Bahjah Cirebon Buya Yahya mengatakan, tidak masalah orang sholat pakai masker.

Menurutnya, bagian wajah yang menyentuh lantai adalah dahi atau jidat. Meskipun hidung dan mulut tertutup masker, salatnya tetap sah.

Hal ini disampaikannya dalam video yang diunggah ke kanal Youtube Al-Bahjah TV pada 26 Maret 2020.

"Sah, enggak ada masalah dalam salat pakai masker. Yang sujud kan jidatnya," kata Buya Yahya.

Dia menjelaskan bahwa kasus orang salat memakai masker ini sama halnya dengan larangan memakai masker bagi perempuan saat umroh.

AYO BACA : Link & Cara Daftar Online Sholat Ied 2021 di Masjid Al Akbar Surabaya

"Perempuan pakai masker waktu umroh kan tidak diperkenankan, tapi ini kasus gawat jadi boleh. Jadi enggak apa-apa salat pakai masker," ujarnya.

Dia menambahkan, "Sholat pakai masker enggak ada masalah, asal maskernya suci."

Dalam video tersebut, Buya Yahya juga memberi imbauan kepada para imam salat berjamaah. Dia meminta agar jika ada jemaah yang batuk atau pilek dimohon untuk mengambil tempat agak jauh.

"Dalam perkumpulan seperti sholat kami imbau, sehingga seorang imam pun sudah waktunya mengimbau hari ini, setelah atur barisan luruskan barisan, hendaknya imam mengimbau, bagi yang punya batuk, pilek, dan sebagainya mengambil tempat yang di pinggir atau agak jauh. Tidak ada masalah. Demi kebaikan," ucap Buya Yahya.

Sementara itu, Ustaz Ahmad Alhabsyi juga memiliki pendapat yang sama dengan Buya Yahya. Namun, dia menjelaskan lebih dulu tentang anggota badan yang wajib menempel di lantai ketika salat.

"Ketika kita sujud ada tujuh anggota badan yang dipastikan menempel ketika kita sujud," ucap Ustaz Ahmad Alhabsyi dalam video di kanal YouTube Gencar TV, 4 April 2020.

AYO BACA : Panduan Sholat Idulfitri 2021, Khutbah Maksimal 20 Menit

Tujuh anggota badan ini adalah dahi dan hidung, telapak tangan kanan, telapak tangan kiri, lutut kanan, lutut kiri, ujung jari kaki kanan dan ujung jari kaki kiri.

Ustaz Ahmad Alhabsyi mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah melarang seseorang yang menutup mulutnya ketika salat. Hal itu sebagaimana diriwayatkan dalam hadist Abu Daud.

"Ulama sepakat karena dilarang Nabi hukumnya menjadi makruh. Hukum salat menggunakan masker, menutup mulut hukumnya adalah makruh," katanya.

Namun Ustaz Ahmad Alhabsyi menjelaskan bahwa sesuatu yang awalnya makruh menjadi diperbolehkan asal ada kebutuhannya.

"Hukum yang makruh bisa menjadi hilang jika ada keperluan dan kebutuhan di dalamnya. Lihat kondisi sekarang, kalau kita salat enggak pakai masker boleh jadi kita akan terkena virus corona atau kita menularkan virus kepada orang lain," tuturnya.

Karena itu, ada alasan yang mendesak seperti itu orang diperbolehkan salat menggunakan masker.

Itulah pandangan ulama tentang sholat Idul Fitri 2021 pakai masker sah atau tidak.

AYO BACA : Niat dan Tata Cara Sholat idul Fitri Sendiri di Rumah dan Berjemaah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar