Berat Badan Naik Terus dan Cepat Lelah? Ini Penyebabnya

  Rabu, 12 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
Berat Badan Naik Terus dan Cepat Lelah? Ini Penyebabnya. (Unsplash)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Apakah Anda sering lelah dan berat badan cepat naik? Penyebabnya bisa jadi kurang makan sayuran.

Sayuran mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat makanan yang menyehatkan. Serat makanan dari sayuran dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan asam folat dalam darah.

Mengonsumsi sayur sesuai takaran kebutuhan per harinya bisa membantu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes hingga jantung.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan setiap orang mengonsumsi 400 gram sayuran dan buah per hari. Takaran tersebut terbagi atas 250 gram sayur dan 150 gram buah. 250 gram asupan sayur per hari setara dengan mengonsumsi dua porsi atau 2 gelas sayur yang dimasak dan ditiriskan.

Dirangkum dari Boldsky, berikut tanda-tanda yang menunjukkan Anda kurang makan sayur.

1. Sering Lelah

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, itu bisa jadi itu adalah kekurangan folat atau asam folat. Kekurangan folat menyebabkan kelelahan dan anemia. Ini juga berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA.

Folat atau asam folat adalah vitamin B9 yang dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau tua seperti kacang merah, asparagus, lentil, bayam, dan lainnya.

2. Berat Badan Cepat Bertambah

Sayuran dikemas dengan serat makanan yang membuat Anda merasa kenyang sehingga tidak merasa lapar di kemudian hari. Mengonsumsi sayuran rendah kalori akan mengurangi rasa lapar sekaligus memberi Anda nutrisi penting. Ini akan membantu untuk tidak menambah kalori sekaligus menjaga kesehatan Anda.

3. Mudah Memar

Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang lebih sedikit dapat menyebabkan mudah memar, gusi berdarah, kelemahan, kelelahan, ruam dan menurunkan kecepatan penyembuhan luka. Makan makanan kaya vitamin C seperti paprika merah, cabai merah, kangkung, sayuran berdaun hijau tua, brokoli, kubis Brussel, dan tomat.

4. Rawan Kram Otot

Sayuran mengandung potasium yang membantu mencegah kram otot, terutama saat Anda berolahraga. Kalium merupakan mineral esensial yang dapat membantu mencegah kram otot dan kembung.

Kalium juga dapat mencegah tekanan darah tinggi, gangguan jantung dan ginjal, kecemasan dan stres. Ini juga membantu meningkatkan kekuatan otot dan metabolisme.

5. Sering Mengalami Masalah Pencernaan

Jika Anda sering mengalami masalah pencernaan dan kembung, ini pertanda jelas bahwa Anda tidak menambahkan cukup sayuran dan serat. Sebab, serat yang ada dalam sayuran membantu dalam proses pencernaan dan menjaga keteraturan usus.

Itulah 5 tanda Anda kurang makan sayuran, mulai sering lelah dan berat badan cepat naik.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar