Info Penting Pendaftaran CPNS 2021 untuk Lulusan SMA, Akan Dibuka Akhir Mei

  Sabtu, 15 Mei 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi pendaftaran CPNS 2021 untuk lulusan SMA segera dibuka

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Pemerintah segera membuka pendafaran CPNS 2021 untuk lulusan SMA yang rencananya akan dimulai dari Mei hingga Juni 2021.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Sesmenpan-RB), Dwi Wahyu Atmaji, memastikan ada rencana pembukaan CPNS. Namun mengenai detilnya sedang dibahas. Dia menambahkan sejumah kementerian dan lembaga sudah mengajukan formasi yang dibutuhkan untuk tahun 2021. 

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo (Tjahjo Kumolo) juga mengumumkan mengenai rencana pembukaan CPNS 2021 saat memberikan arahan pada rapat koordinasi penyederhanaan birokrasi yang diadakan pada Agustus tahun lalu.

Menpan kemudian menjelaskan sesuai kebutuhan akan ada pembatasan pada tahun 2021. Ini termasuk banyak kementerian yang belum menambahkan lebih banyak pegawai.

Meski masih belum pasti kapan pendaftaran CPNS 2021 akan dibuka, tidak ada salahnya mempersiapkan syarat mulai dari sekarang. 

Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA

Di antara formasi yang dipilih CPNS pada 2021, ada yang terbuka untuk lulusan SMA / SMK dan kualifikasi sederajat. Rencananya CPNS lulusan SMA yang akan dibuka adalah formasi yang dibutuhkan untuk menjadi guru, tenaga kesehatan, dan teknisi.

Cara Daftar CPNS 2021 Lulusan SMA

Merujuk pada tatacara pendaftaran CPNS tahun 2019, pendaftaran CPNS 2021 tidak akan berbeda jauh.  

Melalui situs resminya sscn.bkn.go.id, berikut adalah cara mendaftar CPNS 2021 mendatang:

  1. Akses portal SSCASN di alamat: https://sscasn.bkn.go.id
  2. Cek formasi dan buat akun SSCN 2021 berdasarkan NIK dan No. KK
  3. Log In menggunakan NIK sebagai username dan password sama seperti saat pendaftaran akun SSCN
  4. Swafoto dengan menunjukkan Kartu Informasi Akun dan KTP
  5. Lengkapi biodata seperti pilih formasi dan jabatan dan unggah file-file dokumen persyaratan (akan dijelaskan lebih lanjut di bagian bawah)
  6. Cek Resume Pendaftaran dan Cetak Kartu Pendaftaran SSCN
  7. Proses Verifikasi
  8. Cetak Kartu Ujian dan Tes Seleksi
  9. Pengumuman Kelulusan
  10. Pemberkasan dan Penetapan NIP

Panduan dasar dalam praktek cara membuat akun di SSCN:

  1. Pilih menu Registrasi
  2. Isi kolom sesuai petunjuk yang terdiri dari: NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga
  3. Cantumkan alamat e-email yang aktif
  4. Buat password
  5. Unggah pass photo minimal 120 kb maksimal 200 kb, dengan format .JPG, .JPEG
  6. Cetak Kartu Informasi Akun SSCN

Dokumen penting yang disyaratkan.

  • Kartu Keluarga
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah
  • Transkip Nilai
  • Pas Foto
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Dokumen-Dokumen tambahan sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

Daftar di Link Resmi CPNS 2021

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebelumnya juga telah memastikan bahwa pendaftaran untuk menjadi ASN akan menggunakan satu portal yang sama baik CPNS, PPPK dan Sekolah Kedinasan. Portal resmi segera diberitahukan dan di-up date usai cuti lebaran.

Penggunaan satu portal ini dinilai akan proses pendaftaran menjadi lebih efektif dan memudahkan bagi para calon peserta. Selain itu untuk mendukung kelancaran dalam proses pendaftaran BKN juga telah melakukan berbagai pengembangan dan peningkatan fitur yang ada di dalam website resmi SSCASN.

Sedikit berbeda dengan sebelumnya, untuk pendaftaran CPNS tahun ini para peserta tidak perlu lagi mengunggah sejumlah dokumen seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), serta nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Bima Harya Wibisana selaku ketua BKN mengatakan bahwa portal resmi SSCASN kali ini sudah terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti.

Dalam website SSCASN yang sudah dikembangkan juga memungkinkan para peserta untuk mencari informasi mengenai ketersediaan formasi melalui satu portal. Hal ini jauh lebih simpel dibanding sebelumnya yang harus melihat ke website masing-masing instansi.

BKN juga sedang mempersiapkan fitur tambahan berupa Face Recognition. Fitur ini nantinya akan berfungsi untuk mengidentifikasi wajah dari peserta tes agar dapat meminimalisir adanya calo dalam pelaksanaan ujian.

Itulah info penting pendaftaran CPNS 2021 untuk lulusan SMA. Smeoga bermanfaat. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar