4 Buah Enak Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes?

  Sabtu, 15 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
Anggur, salah satu buah enak yang harus dihindari penderita diabetes jika konsumsinya berlebihan. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Benarkah ada buah enak yang harus dihindari penderita diabetes, jika iya, apa saja daftarnya?

Tidak semua buah bisa dikonsumsi diabetesi. Dilansir The Health Site, beberapa buah mengandung gula tinggi dan bisa meningkatkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes. Namun, bukan berarti Anda harus menghindarinya, cukup memperhatikan jumlah asupannya.

Alasannya, buah-buahan manis juga memiliki nilai gizi tinggi, penuh vitamin, mineral, dan merupakan sumber karbohidrat, gula, dan serat yang baik.

Berikut ini 4 buah yang baiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak oleh penderita diabetes:

1. Anggur

Anggur kaya akan karbohidrat. Tubuh kita akan memecahnya dan mengubahnya menjadi gula, lemak, dan serat. Kadar karbohidrat yang tinggi berarti lebih banyak glukosa dalam darah. Khususnya anggur kecil mengandung satu gram karbohidrat.

Namun, Anda juga perlu tahu manfaat buah anggur. Buah ini juga kaya antioksidan yang bisa membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Anggur merah dianggap yang terbaik karena memiliki resveratrol, salah satu jenis antioksidan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa antioksidan ini bisa menurunkan kadar gula darah, melindungi jantung terhadap penyakit dan mencegah kanker.

AYO BACA : Gula Merah vs Gula Putih, Penderita Diabetes Lebih Aman Makan yang mana?

Senyawa dalam anggur juga dapat membantu melindungi tubuh dari kadar kolesterol tinggi dengan mengurangi penyerapan kolesterol, menurut studi yang diterbitkan dalam Current Pharmaceutical Design.

Anggur juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, buah ini juga bagus untuk kesehatan mata, peningkatan daya ingat, perhatian, dan suasana hati.

2. Ceri

Saat mengonsumsi ceri, orang biasanya tidak hanya makan satu atau dua, bisa jadi malah segenggam. Hal inilah yang menyebabkan lonjakan gula darah. Sama seperti anggur, satu buah ceri mengandung satu gram karbohidrat.

Meski begitu, buah ceri mengandung nutrisi seperti protein, serat, vitamin C, mangan, dan kalium. Ceri busa membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan fungsi saraf.

Selain itu, ceri juga memiliki kandungan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang bisa membantu mengatasi nyeri otot dan peradangan. Bukan itu saja, ceri juga memberikan tubuh perlindungan dari penyakit serius seperti penyakit jantung, diabetes, penurunan mental, dan kanker jenis tertentu.

Ceri juga bisa membantu melindungi jantung. terlepas dari penyakit diabetes, jika Anda menderita penyakti radang sendi atau gout, ceri bisa meningkatkan gejalanya.

3. Nanas

AYO BACA : Berbagai Manfaat Ajaib Air Kelapa terhadap Gula Darah Anda

Jumlah karbohidrat dan gula yang Anda perolah dari buah nanas tergantung pada cara mengirisnya. Jika Anda memilih irisan yang tebal, asupan gula akan lebih tinggi. Makanlah secukupnya dan makanlah dengan makanan kaya protein lain, seperti keju rendah kemak dan yoghurt.

Manfaat nanas sebenarnya tak diragukan lagi. Buah ini mengandung citamin c yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, nanas juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan asam fenolik yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Nanas juga kaya akan enzim pencernaan bromelain. Bahkan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research, nanas dapat membantu mencegah kanker karena mengandung bromelain.

4. Mangga

Mangga dalam ukuran rata-rata mengandung sekitar 30 gram karbohidrat dan 26 gram gula. Untuk itu, bagi penderita diabetes, konsumsilah hanya setengah mangga dan jangan makan mangga yang terlalu matang.

Sama seperti buah-buahan lain di atas, mangga juga kaya akan antioksidan sehingga bermanfaat untuk melindungi Anda dari radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh.

Selain itu, mangga mengandung vitamin A, K, E, dan B, sehingga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda. Mangga juga menjaga tekanan darah karena kandungan magnesium dan kalium di dalamnya.

Itulah 4 buah yang bukan harus dihindari penderita diabetes, namun cukup dikontrol jumlah konsumsinya.

AYO BACA : 7 Dampak Buruk Tidur Pagi Setelah Begadang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar