4 Kelompok Orang yang Beresiko Tinggi Kena Covid-19 Parah, Anda Termasuk?

  Sabtu, 15 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
4 Kelompok Orang yang Beresiko Tinggi Kena Covid-19 Parah, Anda Termasuk? (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Sedikitnya ada 4 kelompok orang yang beresiko tinggi terkena Covid-19 dengan gejala parah. Apakah Anda termasuk?

Angka Covid-19 di Indonesia selalu meningkat usai liburan. Hal ini patut diwaspadai, terutama setelah libur Lebaran 2021.

Meski semua orang berisiko terinfeksi Covid-19, namun orang-orang dengan kondisi tertentu bisa mengalami risiko yang lebih tinggi secara signifikan.

Melansir dari Medical Xpress, berikut beberapa kondisi yang membuat seseorang lebih rentan untuk terinfeksi Covid-19, antara lain:

1. Usia yang lebih tua

Orang dari segala usia, bahkan anak-anak dapat tertular Covid-19. Tapi Covid-19 paling sering menyerang orang dewasa paruh baya dan lebih tua. Risiko munculnya gejala parah meningkat seiring bertambahnya usia dengan mereka yang berusia 85 tahun ke atas berada pada risiko tertinggi gejala serius.

Hentikan 5 Kebiasaan Penyebab Wajah Tampak Tua

2. Orang dengan masalah paru-paru termasuk asma

Covid-19 menargetkan paru-paru, jadi Anda cenderung mengembangkan gejala yang parah jika Anda sudah memiliki masalah kesehatan paru-paru, seperti:

  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
  • Kanker paru-paru
  • Fibrosis kistik
  • Fibrosis paru
  • Asma sedang sampai berat

Belajar dari Pengalaman Langsung Kesembuhan Penyintas COVID-19

3. Orang dengan penyakit jantung

Penyakit jantung dapat membuat Anda lebih mungkin mengembangkan gejala Covid-19 yang parah. Beberapa masalah kesehatan jantung yang bisa meningkatkan risiko antara lain:

  • Kardiomiopati
  • Hipertensi paru
  • Penyakit jantung bawaan
  • Gagal jantung
  • Penyakit arteri koroner

7 Makanan Sehat untuk Jantung, Ayo Konsumsi Jangan Ditunda

3. Diabetes dan obesitas

Diabetes tipe 1 atau tipe 2 dapat meningkatkan risiko gejala Covid-19 parah. Kelebihan berat badan, obesitas, atau obesitas parah juga meningkatkan risiko ini.

Diabetes dan obesitas sama-sama mengurangi efisiensi sistem kekebalan seseorang.

Gula Merah vs Gula Putih, Penderita Diabetes Lebih Aman Makan yang mana?

4. Kanker dan kelainan darah tertentu

Orang yang saat ini menderita kanker berisiko lebih tinggi terkena Covid-19 yang lebih parah. Risiko ini dapat bervariasi, tergantung pada jenis kanker dan jenis perawatan yang Anda terima.

Anemia sel sabit adalah kondisi lain yang meningkatkan risiko gejala Covid-19 yang parah. Kelainan bawaan ini menyebabkan sel darah merah Anda menjadi keras, lengket, dan berbentuk seperti huruf C. Kelainan darah bawaan lainnya yang disebut talasemia juga mungkin membuat Anda mengalami gejala Covid-19 yang serius.

Mari jaga diri dan orang-orang terkasih dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Jika terpaksa keluar rumah, lakukan 8 hal ini:

1. Hindari kontak tangan

Berjabat tangan bisa diganti dengan anggukan sopan dan senyum hangat.

Selain itu, gunakan lutut, kaki, siku, atau buku jari untuk menekan tombol lift, membuka pintu, menekan tombol apa pun, menarik tuas hingga menandatangani sesuatu secara digital. Saat ini sebaiknya gunakan bagian tubuh lain selain telapak tangan.

2. Pilih barang otomatis

AYO BACA : Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Standar WHO untuk Cegah Corona

Sebagian besar bangunan modern memiliki tombol aksesibilitas untuk membuka pintu bagi orang-orang dengan masalah mobilitas. Anda dapat dengan mudah menyentuhnya dengan lengan, pinggul, atau kaki untuk membuat pintu otomatis terbuka. Pertimbangkan pula membeli beberapa barang rumahan yang sudah punya sistem otomatisasi sehingga Anda tidak perlu khawatir terpapar virus.

3. Bersihkan ponsel

Gunakan desinfektan untuk membersihkan ponsel. Ide lainnya, tidak sering-sering mengeluarkan ponsel dari saku. Semakin sedikit mengekspos ponsel ke permukaan, semakin sedikit pula risiko terpapar virus.

Saat di luar rumah, Anda dapat menggunakan kain serbet untuk mengambil barang tertentu. Jika kain mikrofiber tidak membuat pikiran Anda tenang, Anda dapat menggunakan tisu desinfektan pada ponsel Anda.

4. Menyambut orang lain

Tahan keinginan untuk memeluk seorang teman ketika Anda bertemu mereka. Hindari kecupan di pipi, tepuk punggung atau berjabat tangan untuk bertemu orang baru.

Ingat, bahkan jika Anda merasa baik-baik saja secara pribadi, menjaga jarak sosial adalah cara yang tepat untuk melindungi orang-orang dalam demografi yang rentan, seperti kerabat lansia atau mereka yang memiliki komplikasi kesehatan. Sistem kekebalan tubuh seseorang tidak bisa terlihat jelas, oleh karenanya lebih baik mencegah melakukan kontak.

5. Cuci tangan setiap kali sampai di rumah

AYO BACA : [CEK FAKTA] Ini Bentuk Virus Corona Jika Diperbesar 2.600 Kali?

Saat keluar rumah, tentu kita banyak bertemu orang ataupun menyentuh benda tertentu. Cara terbaik untuk mencegah tertular virus adalah mencuci tangan sesering mungkin.

6. Membawa serbet ekstra dan tisu

Membawa tisu ekstra, tisu basah dan produk kertas lainnya juga menjadi alternatif tepat. Gunakan serbet cadangan untuk menyeka tangan setelah memakan camilan, misalnya.

Kain dan serbet juga bisa berguna untuk membersihkan kuman, berfungsi sebagai penutup ponsel.

7. Hindari uang tunai

Uang tunai sudah dianggap kotor. Kita tidak pernah tahu jenis kuman apa yang menempel di permukaannya. Jika Anda dapat membayar dengan kartu debit atau kredit, maka sebisa mungkin kurangi penggunaam uang tunai.

Dan ingat, jika sewaktu-waktu diperlukan tanda tangan digital, Anda dapat menggunakan buku jari atau telunjuk.

8. Buang item yang rentan virus

Virus corona baru dapat menempel pada permukaan, seperti jaket atau meja, hingga sembilan hari pada suhu kamar. Setelah itu, virus akan mati dan tidak lagi dapat menginfeksi seseorang.

Kita tahu bahwa pembersihan menyeluruh dengan sabun dan air yang baik akan membunuh struktur virus. Karena Covid-19 diinkubasi dalam tubuh dari satu hingga 14 hari, Anda dapat memperpanjang waktunya hingga dua pekan jika Anda sangat khawatir.

Itulah 4 kelompok orang yang beresiko tinggi terkena Covid-19 dengan gejala berat dan cara mencegah Covid-19 jika terpaksa keluar rumah.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar