Usai Lebaran, Forkopimda Sidak Prokes ke Sejumlah Destinasi Wisata di Jatim

  Sabtu, 15 Mei 2021   Praditya Fauzi Rahman
Pasca Lebaran, Forkopimda Sidak Prokes ke Sejumlah Destinasi Wisata di Jatim. (Humas Polda Jatim)

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM -- Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Timur (Forkopimda Jatim) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah lokasi wisata, Sabtu (15/5/2021).

Saat itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto, dan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta memastikan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) di tempat wisata usai Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Khofifah ingin seluruh hal yang terkait dengan rangkaian dari liburan pasca Idul Fitri 1442 H berjalan sesuai regulasi dan prokes secara ketat. Maka dari itu, dia berharap seluruh pihak, baik pemerintah, pengelola, hingga masyarakat bersama-sama memonitor dan menerapkan dengan benar.

"Tempat-tempat wisata pertama harus menyiapkan prokes yang ketat, memastikan tidak di zona merah, basisnya PPKM Mikro dan persentase dari mereka yang melakukan kunjungan wisata harus termonitor dan terkendali," kata Khofifah, Sabtu (15/5/2021).

Ketika mendatangi Jatim Park 3 yang ada di kawasan Batu, Jatim, Khofifah mengimbau semua orang untuk tetap menggunakan masker, sejak saat memasuki, berada di lokasi, hingga usai berwisata. Begitu pula pada area atau rayon tertentu yang telah ditentukan pemerintah.

"Hari ini, yang ingin ke Jatim Park misalnya, kalo dari Surabaya, belum di mungkinkan," tuturnya.

Khofifah ingin masyarakat bisa bersabar dan memaklumi kondisi saat ini. Supaya, persebaran virus SARS CoV-2 bisa diredam dan kehidupan bisa kembali normal.

"Kami, bersama Pak Pangdam, Pak Kapolda ingin memastikan bahwa sesuai penjelasan dari tim satgas Covid-19 Jatim Park 3, insyaAllah semua sudah disiapkan prokesnya dengan sangat baik," ujarnya.

Khofifah berharap seluruh pengunjung tempat wisata bisa saling menjaga dengan penggunaan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan yang merupakan satu kesatuan dari upaya menjaga kesehatan sesuai prokes Covid-19. Ia juga mengimbau agar pengelola tak henti-hentinya memonitoring pengunjung dan penerapan prokes.

"Kita tetap bisa berwisata sesuai rayonnya, tapi prokes tetap harus dijaga semua pihak," tutur mantan Mensos RI itu.

Terpisah, personel gabungan dari Polsek Panceng dan Polres Gresik juga melakukan pengetatan pengamanan Wisata Pasir Putih Pantai Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik pada Sabtu (15/5/2021) siang. Di sana, mereka melakukan sidak prokes kepada pihak pengelola dan pengunjung.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menegaskan, pengetatan dilakukan dengan pendekatan persuasif. Dia meminta pihak pengelola wisata untik mematuhi prokes secara ketat, pun dengan setiap pengunjung.

"Kami lakukan (sidak prokes Covid-19) untuk mencegah terjadinya klaster baru saat momen libur sekarang ini. Terlebih, kondisi Kabupaten Gresik belum aman dari penyebaran Covid-19," ujar Arief.

Arief menuturkan, seluruh personelnya telah diterjunkan ke sejumlah lokasi wisata untuk melakukan pengamanan dan mengantisipasi gangguan kamtibmas. Serta, memastikan setiap pengunjung wisata di Gresik mematuhi prokes Covid-19. Apabila menemukan pengunjung yang tidak menggunakan masker, langsung ditegur.

"Kami cek setiap pengunjung yang akan masuk, supaya diketahui apabila ada yang tidak menggunakan masker," katanya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar