Selama Lebaran, KBS Jadi Destinasi Wisata Favorit Warga Surabaya dan Sekitarnya

  Minggu, 16 Mei 2021   Praditya Fauzi Rahman
Atraksi gajah di Kebun Binatang Surabaya. (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)

WONOKROMO, AYOSURABAYA.COM - Sejumlah lokasi wisata di Surabaya menjadi tujuan wisata masyarakat selama libur lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah. Salah satunya adalah Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Sepanjang tahun, KBS masih menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi warga Kota Surabaya di tengah larangan mudik, baik tahun ini maupun tahun 2020 lalu. Sejak tanggal 13 hingga 15 Mei 2021, pengunjung KBS mencapai 12.000 orang.

Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Agus Supangkat membenarkan hal itu saat dikonfirmasi. Ia menyatakan, kepadatan pengunjung sudah nampak sejak H1 Idul Fitri 1442 H. Kala itu, ada 12.000 lebih pengunjung. 

AYO BACA : Contoh Surat Lamaran CPNS 2021, Harus Ditulis Tangan

Meski dipadati belasan ribu pengunjung, Agus memastikan KBS tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Menurutnya, pihak KBS tetap membatasi jumlah pengunjung setiap harinya. 

"Kuota mulai 13 sampai 23 Mei kuotanya 5.000 per hari, sejauh tidak sampai melebihi kuota. Kami pastikan prokes ketat," ujar Agus, Minggu (16/5/2021).

Sejauh ini, petugas KBS mengaku belum menemui pengunjung yang ngeyel abai prokes. Baik di depan maupun dalam kawasan KBS.

AYO BACA : Ukuran Dokumen dan Tipe File yang Perlu Dipersiapkan untuk Pendaftaran CPNS 2021

Dalam memonitoring pengunjung, petugas KBS memiliki Satgas Mandiri. Namun, tetap melibatkan polisi, TNI, hingga Linmas dan Satpol PP untuk pengawasan.

"Patroli untuk pantauan prokes, kita lakukan imbauan," tuturnya.

Untuk mengantisipasi kerumunan selama libur lebaran 1442 H, pintu masuk KBS ditambah, tepatnya di pintu sisi selatan dan pintu utama di depan Patung Suro dan Boyo. 

Perihal pembukaan pintu loket di sisi selatan, Agus menyatakan untuk mempermudah masyarakat yang parkir di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ). Dengan begitu, tak perlu susah payah berputar lebih jauh untuk masuk ke KBS. 

"Ada pintu emergency apabila ada keadaan mengkhawatirkan, masyarakat yang parkir di TIJ atau balai angkutan umum, bisa langsung masuk lewat pintu selatan," katanya. 

Diketahui, KBS hanya menyediakan maksimal 5.000 tiket saja. Selama libur lebaran ini, pengunjung mencapai 3.000 sampai 4000 ribu orang per harinya.
 

AYO BACA : Viral: Kendaraan Diputarbalikkan, Seorang Ibu Maki Petugas dengan Kata Binatang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar