Larangan Mudik Membuat Bisnis Hotel di Surabaya Jalan di Tempat, Staycation Tak Menolong

  Minggu, 16 Mei 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi kamar hotel. ( ming dai dari Pixabay )

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM - Selama perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah, target okupansi perhotelan di Jawa Timur (Jatim) masih belum terlihat peningkatan jumlah kunjungan. Mengingat, pemerintah memberlakukan larangan sejak 6 hingga 17 Mei 2021.

Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPD PHRI) Jatim, Dwi Cahyono menjelaskan, larangan mudik justru berdampak buruk bagi okupansi hotel. Pada H-2 okupansi hotel di Surabaya hanya mengalami peningkatan 20% saja. 

AYO BACA : Contoh Surat Lamaran CPNS 2021, Harus Ditulis Tangan

“Sampai sekarang saja, masih 20%. Tahun-tahun sebelumnya, H-3 sebelum lebaran, hotel sudah mulai ramai,” ujar Dwi saat dikonfirmasi, Minggu (16/5/2021).

Perihal staycation di hotel, Dwi mengaku tak membantu okupansi selama lebaran dalam 2 tahun terakhir. Sebab, warga Surabaya dan sekitarnya belum terbiasa untuk melakukan staycation selama lebaran. 

AYO BACA : Ukuran Dokumen dan Tipe File yang Perlu Dipersiapkan untuk Pendaftaran CPNS 2021

Dwi menilai, staycation hanya sedikit mendongkrak okupansi, sekitar 2%. 

Menurutnya, okupansi staycation masih kalah dengan Food And Bevrage (FNB) alias kuliner di hotel, yang masih mendominasi diatas 50% pendapatan hotel dan restoran di Jatim.

“Orang dalam kota menginap di hotel dalam kota, itu okupansi belum membantu. Orang lokal kalau mengadakan acara atau di restoran masih bisa mendongkrak," tuturnya.

Menurut Dwi, efek penurunan okupansi hotel sudah mulai terasa sejak tanggal 6 sampai 7 Mei 2021. Kendati begitu, pihaknya berharap setelah lebaran target okupansi hunian hotel kembali meroket, terlebih usai tanggal 17 Mei 2021 mendatang. 

“Sementara ini, prediksinya pas hari H lebaran bisa meningkat 10% saja, itu sudah bagus. Mudah-mudahan, setelah tanggal 17 Mei (meningkat), gak tahu lagi kalau pembatasan diperpanjang,” tutup dia. 
 

AYO BACA : Viral: Kendaraan Diputarbalikkan, Seorang Ibu Maki Petugas dengan Kata Binatang

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar