Tes Acak kepada 215.997 Orang di Titik Penyekatan Jatim, 21 Orang Dinyatakan Reaktif

  Minggu, 16 Mei 2021   Praditya Fauzi Rahman
Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto melakukan pengecekan prokes di Stasiun Kereta Api Pasar Turi Surabaya. (ayosurabaya/Praditya Fauzi Rahman)

GAYUNGAN, AYOSURABAYA.COM -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan segenap unsur terkait telah mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 selama arus mudik dan balik Idulfitri 1442 H.  

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan ribuan kendaraan yang melintas di pos penyekatan dan melakukan rapid test secara random. Hasilnya, ada 21 orang yang dinyatakan reaktif.

AYO BACA : Contoh Surat Lamaran CPNS 2021, Harus Ditulis Tangan

"Kami telah melakukan beberapa kegiatan, yaitu penyekatan terhadap kendaraan yang hendak melakukan perjalanan luar kota maupun luar provinsi," ujarnya.

Nico menyebut, ada 215.997 kendaraan yang telah diperiksa. Dari 215.997 tersebut, 43.665 diantaranya sudah diputar balik ada. Sedangkan, yang dilakukan swab antigen secara acak adalah 3.197 orang. Dari 3.197 orang itu yang sudah dilaksanakan swab secara acak itu, ada 21 yang reaktif dan positif. 

AYO BACA : Ukuran Dokumen dan Tipe File yang Perlu Dipersiapkan untuk Pendaftaran CPNS 2021

Dari puluhan orang yang dinyatakan reaktif itu, Nico menegaskan telah dilakukan perawatan lebih lanjut dengan merujuknya ke rumah sakit yang telah ditentukan. Lantas, ia mengimbau kepada masyarakat yang akan kembali untuk melengkapi dirinya dengan surat keterangan bebas Covid-19, surat tugas dari instansi mereka bekerja ataupun perusahaan, hingga surat keterangan dari RT - RW setempat untuk Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

"Kami mohon kepada seluruh masyarakat, tetap waspada, karena disekitar kita Covid-19 masih berada dan tentunya ada juga varian baru, yaitu B1617 yang dari India, itu perlu kita waspadai, sifatnya lebih cepat dan lebih melemahkan kita, sehingga perlu waspada," tutupnya.

 

AYO BACA : Viral: Kendaraan Diputarbalikkan, Seorang Ibu Maki Petugas dengan Kata Binatang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar