2 PMI asal Jatim Terjangkit Virus Covid-19 Varian Baru?

  Senin, 17 Mei 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi -- 2 PMI asal Jatim Terjangkit Virus Covid-19 Varian Baru? (Pixabay)

BUBUTAN, AYOSURABAYA.COM -- Senin (17/5/2021) ini, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa membuat pernyataan perihal virus Covid-19 dengan varian baru.

Dia menegaskan ada 2 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terjangkit virus corona varian baru dan tengah dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya.

Khofifah menyatakan, 2 PMI yang terjangkit virus mutasi baru itu berasal dari Kabupaten Jember dan Sampang, Jatim.

Menurutnya, 2 pekerja migran itu terjangkit Covid-19 varian B1351 strain Afrika Selatan dan B117 strain Inggris. Maka dari itu, Pemprov Jatim memastikan para pasien dirawat secara ketat dan intensif di RSLI Surabaya.

"Mereka (2 PMI yang terjangkit Covid-19 varian baru), ditempatkan di kamar khusus," kata Khofifah, Senin (17/5/2021).

Kendati demikian, Khofifah meminta masyarakat dan pasien Covid-19 di RSLI Surabaya untuk tetap tenang. Sebab, nakes dan relawan RSLI akan menangani seluruh pasien sesuai prosedur.

"Karena proses penanganan cukup cepat, seluruh pasien tak usah khawatir," ujarnya.

Khofifah menegaskan, seluruh pemulangan PMI sudah melalui pelbagai proses pengawasan dan pemeriksaan yang super ketat. Bahkan, ada setiap prosedur yang harus ditembus agar PMI bisa pulang ke kampung halamannya.

Setibanya di Bandara Juanda misalnya, PMI wajib menjalani swab tes. Mereka pun dikarantina 2 hari di Asrama Haji Surabaya. Apabila hasil tesnya positif, PMI dievakuasi ke RSLI Surabaya. Sebaliknya, bila hasilnya negatif, akan dites swab di kabupaten atau kota selama 3 hari dan tes usap lagi pada hari ke-5.

"Untuk PMI terbanyak yang kembali dari Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan," tutur mantan Menteri Sosial RI itu.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar