DIET SEHAT: Ini Waktu Olahraga Terbaik agar Berat Badan Turun

  Selasa, 18 Mei 2021   Ruddy
Ilustrasi Ada sejumlah waktu terbaik untuk berolahraga agar efektif menurunkan berat badan. Salah satunya saat pagi hari, terutama saat perut kosong karena efektif membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh. (Pixabay)

Tips Diet Sehat, ada beberapa waktu olahraga terbaik agar berat badan turun. Salah satunya saat pagi hari, terutama saat perut kosong karena efektif membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh.

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Jika kamu sedang diet, pernahkah bertanya, kapan waktu terbaik olahraga untuk menurunkan berat badan? Waktu yang tepat untuk olahraga dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuhmu.

Dilansir dari Time, penjelasan di bawah ini akan membuka wawasan kamu dengan landasan sains mengenai efek dari olahraga di waktu-waktu tertentu dan manfaat yang akan kamu dapatkan, sesuai dengan harapan dan kebutuhan kamu.

Berolahraga di pagi hari, terutama saat perut kosong, adalah cara terbaik untuk membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh, ideal untuk menurunkan berat badan atau diet.

Sedang Diet? Jangan Lakukan Hal-hal Sepele yang Bikin Berat Badan Naik Ini!

5 Minuman Segar Ini Bantu Diet Cepat dan Sehat

4 Kebiasaan di Pagi Hari ini Bikin Berat Badan Naik, Diet Bisa Gagal!

Hal tersebut sebagian besar karena komposisi hormonal tubuh saat pagi dibentuk untuk mendukung pembakaran lemak tersebut, kata Anthony Hackney, seorang profesor di departemen olahraga dan ilmu olahraga di University of North Carolina Chapel Hill.

Menurut Hackney, orang secara alami memiliki peningkatan kadar kortisol dan hormon pertumbuhan saat pagi, keduanya terlibat dalam metabolisme. Karena itu, kamu akan menarik lebih banyak energi dari cadangan lemak yang akan membantu menurunkan berat badanmu.

Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2019 dalam Journal of Physiology menunjukkan bahwa berolahraga pada pukul 07.00 dapat menggeser jam biologis lebih awal, membuat kamu akan merasa lebih segar dan siaga saat pagi dan merasa lelah kala malam.

Dengan demikian, kamu akan memiliki waktu istirahat yang cukup untuk bangun besoknya. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa lebih mudah untuk terbiasa pada rutinitas menyehatkan yang dilakukan pada pagi hari.

5 Sayuran Terbaik untuk Menu Diet

Panduan Diet GM, Metode Turunkan Berat Badan dengan Cepat dalam 7 Hari

4 Penyebab Paling Dasar Anda Selalu Gagal Diet

Olahraga pagi juga dapat menyehatkan mental dan produktivitas yang lebih baik sepanjang hari. Alasannya, olahraga sangat bagus untuk mengurangi stres.

Namun, jika kamu benar-benar bukan "orang pagi", jangan memaksakannya. Kamu mungkin berolahraga pada tingkat intensitas rendah sehingga kamu benar-benar tidak menghabiskan banyak energi, menurut Hackney.

Sebagai alternatif, kamu tetap bisa berolahraga saat siang.

Olahraga siang ini dapat meningkatkan kinerja kamu, karena kamu pasti telah makan satu atau dua kali sebelum berolahraga siang.

Ingin Diet? 7 Minuman Enak, Segar, dan Alami Ini Ampuh Usir Lemak Perut

Agar Diet Sukses, 4 Hal Ini Jangan Dimakan usai Pukul 4 Sore

Menu Diet Sehat, Rutin Sarapan 2 Telur Bisa Turunkan Berat Badan

Ketika kamu makan, gula darah kamu akan naik, dan gula dalam bentuk glukosa darah tersebut dibutuhkan jika kamu ingin bekerja pada intensitas yang lebih tinggi

Selain itu, studi Journal of Physiology menemukan bahwa berolahraga antara pukul 13.00-16.00 dapat menggeser maju jam tubuh kamu dengan cara yang sama seperti olahraga pagi hari.

Bahkan hanya dengan berjalan cepat dapat membantu kamu bersemangat dan fokus kembali.

Manfaat lain yaitu tubuh kamu secara alami dapat membakar sekitar 10% lebih banyak kalori pada olahraga siang, dibandingkan dengan pagi atau malam.

Mau Diet? Teh Jahe Cepat Turunkan Berat Badan, Begini Cara Buatnya

7 Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong, Termasuk Turunkan Berat Badan!

Nasi atau Roti, Lebih Baik Mana untuk Diet Sehat?

Tidak hanya olahraga pagi dan siang yang memiliki manfaat, kamu pun bisa memilih untuk berolahraga malam. Menurut Hackney, aktivitas penghilang stres seperti yoga dapat membantu tidurmu lebih baik jika dilakukan di malam hari.

Manfaat olahraga saat malam hari lain, menurut penelitian tahun 2019 yang diterbitkan jurnal Experimental Physiology, bahwa olahraga malam hari tidak akan mengganggu jam tidur dan seiring waktu juga dapat mengurangi kadar hormon ghrelin yang merangsang rasa lapar, yang juga dapat membantu menurunkan berat badan. (Fariza Rizky)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar