3 Obat Sakit Gigi Berlubang di Apotek, Sudah Coba?

  Selasa, 18 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
Ini Daftar 3 obat sakit gigi berlubang di Apotek, Paracetamol, Ibuprofen, dan Asam mefenamat. (Pixabay)

Ini Daftar 3 obat sakit gigi berlubang di Apotek, Paracetamol, Ibuprofen, dan Asam mefenamat.

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Sakit gigi karena gigi berlubang dapat membuat penderitanya sulit makan hingga tidur. Kegiatan sehari-hari pun bisa terganggu. Namun, ada sejumlah obat yang bisa digunakan dan dibeli di apotek untuk mengatasi sementara sakit gigi tersebut.

Umumnya gigi berlubang disebabkan oleh menumpuknya bakteri akibat gigi yang jarang dibersihkan. Penumpukan ini lambat laun akan menyebabkan gigi berlubang, dan mengiritasi saraf yang berada di akar gigi.

Dilansir Alodokter, untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang, ada beberapa pilihan obat yang umum digunakan, yaitu:

4 Gangguan Kesehatan Akibat Mengonsumsi Softdrink secara Berlebihan

1. Paracetamol

Paracetamol merupakan golongan pereda nyeri serta pereda panas. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi produksi zat penyebab pedangan, yaitu prostaglandin.

Pastikan untuk mengonsumsi paracetamol sesuai aturan pakai pada kemasan atau sesuai anjuran dokter. Hentikan penggunaan jika keluhan tidak reda setelah tiga hari mengonsumsinya.

2. Ibuprofen

Ini merupakan obat antiinflamasi atau antiperadangan nonsteroid (OAINS), dan dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang.

Obat ini bekerja dengan menghalangi tubuh memproduksi prostagladin. Namun, dalam penggunaan obat ini harus hati-hati, sebab ada orang tertentu yang tidak direkomendasikan untuk mengonsumsinya.

Meski memiliki fungsi yang sama, paracetamol masih menjadi pilihan pertama karena minim efek samping dibandingkan Ibuprofen.

Asal Cabut Gigi Sebabkan Mata Buta?

3. Asam mefenamat

Asam mefenamat juga disebut sebagai obat antiinflamasi nonsteroid yang sering diberikan pada oleh dokter untuk mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang.

Sama halnya dengan Ibuprofen, obat ini juga akan menghambat produksi prostaglandin sehingga peradangan akan berkurang.

Penggunaan asam mefenamat yang tidak sesuai anjuran dapat menimbulkan efek samping, di antaranya sakit mag, mual, hingga diare.

Namun, Anda mesti mendatangi dokter agar penanganan sakit gigi berjalan optimal.

Anak Suka Gigit Puting saat Menyusui? Begini Cara Mengatasinya

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar