PPDB SURABAYA 2021 Jalur Prestasi, Siswa Berprestasi hingga Penghafal Alquran Bisa Daftar, Ini Syaratnya

  Jumat, 21 Mei 2021   Praditya Fauzi Rahman
PPDB SURABAYA 2021 Jalur Prestasi, Siswa Berprestasi hingga Penghafal Alquran Bisa Daftar, Ini Syaratnya. (Ist)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM – Siswa berprestasi hingga penghafal Alquran bisa daftar PPDB jalur prestasi di PPDB Surabaya 2021. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji menjelaskan, kategori penerimaan PPDB jalur prestasi tahun ini ditambah.

Sebelumnya jalur prestasi dikhususkan bagi siswa yang memiliki nilai rapor tinggi dan juara perlombaan. Tahun ini, siswa yang hafal kitab suci Al-Quran maupun siswa non-Islam yang hafal kitabnya masing-masing bisa ikut daftar di jalur tersebut.

Pendaftarannya serupa dengan jalur prestasi lainnya, yakni melampirkan capaian prestasi.

"Kami memberikan apresiasi bagi siswa yang hafal kitab suci untuk semua agama. Siswa yang hafal kitab suci, harus mendapatkan penghargaan," kata Armuji melalui keterangan tertulis, Jumat (21/5/2021).

Armuji mengatakan, tim ahli yang melakukan penilaian, berbeda dengan sebelumnya. Nantinya, para hafiz atau hafizah akan menjalani ujian untuk menunjukkan hafalan kitab suci.

AYO BACA : Catat Tanggal Penting PPDB Jatim 2021 untuk Jalur Prestasi dan Zonasi SMA dan SMK

Apabila ada masyarakat yang menemui kendala dalam proses PPDB, pihak Dispendik menyediakan beberapa layanan, seperti 20 nomor telepon yang bisa dihubungi melalui chat WhatsApp. Adapun layanan konsultasi sudah disediakan di kantor Dispendik Surabaya.

 

"PPDB untuk SMP sudah memasuki tahap validasi data pelajar. Apabila ada keluhan atau kendala saat mendaftar, bisa langsung menghubungi 20 nomor tersebut. Mereka (Dispendik Kota Surabaya) siap melayani dan layanannya ditutup sampai pukul 21.00 WIB," ujarnya.

Perbedaan PPDB Surabaya 2021

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Supomo mengatakan, PPDB Surabaya 2021 ini ada dua perubahan mendasar dibanding dengan PPDB tahun lalu.

Pertama, tidak ada lagi penerimaan siswa yang menggunakan surat keterangan domisili atau harus sesuai dengan Kartu Keluarga (KK) masing-masing.

"Dulu, PPDB itu bisa menggunakan surat domisili. Tapi, sekarang sudah tidak boleh. Ini (regulasi PPDB) berdasarkan peraturan menteri, sehingga kami juga menindaklanjuti dalam Perwali," tutur Supomo.

AYO BACA : Simak 2 Aturan Baru PPDB Kota Surabaya

Kedua, perihal jalur prestasi dari kategori Nilai Rapor Sekolah (NRS), dia memastikan tak hanya bergantung pada satu nilai rapor dalam setiap semester. Namun, berisi pengolahan sejumlah rapor sekolah yang diperoleh siswa.

Maka dari itu, Supomo menyatakan NRS tahun ini tak ada perbedaan dari tahun sebelumnya. Dengan begitu, siswa yang mempunyai prestasi tinggi pada bidang akademik, seperti sering juara kelas, dapat mengikuti jalur tersebut. Menurutnya, seorang siswa bebas memilih 2 sekolah di luar zonasi maupun dalam zonasi.

Sementara itu, cara pendaftarannya bisa melalui online. Nilai rapor diunggah, kemudian tim PPDB akan melakukan pemeringkatan. Ketika NRS siswa satu dan yang lain sama, proses kembali berjalan. Panitia akan membandingkan nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Selain penghafal kitab suci dan NRS, jalur prestasi juga dapat diperoleh melalui prestasi perlombaan atau pertandingan. Baik perlombaan akademik atau nonakademik.

Bagi yang akan mendaftar PPDB, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

  1. Batas waktu capaian prestasi perlombaan yang diraih minimal 6 bulan dan paling lama 3 tahun sejak pendaftaran PPDB;
  2. Prestasi yang diraih yaitu tingkat internasional, nasional, provinsi, maupun kabupaten atau kota;
  3. Peserta terdaftar dalam surat pemberian penghargaan Dispora.

"Ini (PPDB jalur prestasi) bentuk penghargaan kami kepada kerja keras mereka, prestasi itu merupakan bentuk capaian pelajar. Karena, tidak mudah menjadi juara, tentu membutuhkan perjuangan," katanya.

Soal seleksi, Supomo menerangkan bahwa Dispendik melakukan penyekoran dan pembobotan yang telah diatur dengan keputusan Wali Kota Surabaya.

Untuk teknis perhitungan, prestasi dikalikan dengan pembobotan. Sementara itu, untuk kuota jalur prestasi yang melalui prestasi penghafal kitab suci, prestasi NRS, dan prestasi perlombaan, telah ditetapkan sekitar 30%.

Itulah informasi mengenai PPDB Surabaya 2021 bahwa siswa berprestasi hingga penghafal Alquran bisa daftar PPDB jalur prestasi.

AYO BACA : PPDB SMA JATIM 2021 DIBUKA, Ini 5 Jalur Pendaftaran & Kuotanya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar