4 Gaya Minta Maaf dan Arti Minta Maaf dalam Bahasa Korea

  Rabu, 26 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
4 Gaya Minta Maaf dan Arti Minta Maaf dalam Bahasa Korea. (Freepik)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Sedikitnya ada 4 gaya minta maaf yang biasa dilakukan orang-orang dan ada juga minta maaf dalam bahasa Korea yang bisa Anda coba.

Pekerja sosial berlisensi yang fokus pada kesehatan mental, Victoria Woodruff, mengatakan, ada juga orang yang terlalu banyak minta maaf. Biasanya perempuan yang melakoni itu, karena merasa bertanggung jawab atas emosi dan perasaan orang lain.

Saat melakukan kesalahan sepele maupun fatal, Woodruff menyarankan untuk minta maaf dengan sungguh-sungguh. "Lakukan dengan penuh niat dan ketulusan, sampaikan spesifik tentang apa yang telah Anda lakukan dan tunjukkan bahwa Anda memahami efek tindakan itu terhadap orang lain," kata terapis asal Maryland, Amerika Serikat, tersebut.

Terapis asal Texas, Louis Laves-Webb, mengibaratkan permintaan maaf sebagai cara untuk memperbaiki relasi. Karena tiap orang punya gaya pribadi dalam meminta maaf, mengetahuinya akan meningkatkan rasa belas kasih untuk diri sendiri dan orang lain.

Laves-Webb memerinci beberapa gaya permintaan maaf yang umum.

1. Maaf dengan kata-kata

Secara lisan, seseorang dengan jelas mengakui tindakan apa yang menurutnya tidak patut dilakukan dan berusaha mengubah perilakunya.

2. Maaf dengan menulis

Minta maaf dengan menulis karena sebagian orang bingung menyampaikannya secara langsung. Bisa berupa email, pesan di ponsel, atau sebuah catatan. Permintaan maaf ini bisa menjadi strategi yang solid jika merasa ketegangan masih agak tinggi.

3. Maaf dengan tindakan

Ada pula orang yang lebih menyukai bentuk permintaan maaf lewat tindakan dan layanan. Misalnya, melakukan tugas rumah bagi pasangan sebagai cara menunjukkan penyesalan atau mengatur waktu makan bersama untuk perbaikan hubungan.

4. Maaf dengan sentuhan

Sementara, sebagian lagi minta maaf dengan sentuhan fisik. Misalnya, minta maaf sambil memeluk setelah berselisih dengan pasangan. "Kedekatan intim dan ikatan fisik sebagai cara meminta maaf dapat menjadi reparatif, menenangkan, dan tulus," kata Laves-Webb, seperti dikutip dari laman Cosmopolitan, beberapa waktu lalu.

Maaf dalam bahasa Korea

Arti kata maaf dalam bahasa Korea bisa diucapkan dengan 2 cara halus dan kasar, yakni Choesonghamnida / Mianhamnida (halus) dan Mianhae (kasar).

Contoh Kosakata Bahasa Korea Halus

Kamsahabmnida / Komapseubmnida yang artinya Terima kasih.

Choesonghamnida / Mianhamnida yang artinya Maaf.

Annyeong haseyo yang artinya Apa kabar?

Annyeonghi kyeseyo / Annyeonghi kaseyo yang artinya Selamat Tinggal atau Selamat Jalan.

Ne yang artinya Iya

Aniyo yang artinya Bukan atau Tidak.

5 Drakor dengan Ending yang Sulit Ditebak, Cocok untuk Liburan

Contoh Kosakata Bahasa Korea Kasar/Akrab

Gomawo yang artinya Terima kasih.

Mianhae yang artinya Maaf dalam bahasa Korea.

Annyeong yang artinya Apa kabar?

Chal isseo / Chal ga yang artinya Selamat Tinggal atau Selamat Jalan.

Eung yang artinya Iya.

Ani yang artinya Bukan atau Tidak.

Itulah 4 gaya minta maaf dan arti maaf dalam bahasa Korea yang bisa Anda coba.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar