Tinggi Gula, 6 Makanan Tidak Manis Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes

  Rabu, 26 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
Tinggi Gula, 6 Makanan Tidak Manis Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Sejumlah makanan dan minuman yang tidak manis ternyata tinggi gula dan harus dihindari penderita diabetes. Jika tidak menjaga pola makan sehat, penderita diabetes berisiko mengalami penyakit jantung, stroke, hingga gagal ginjal kronis.

Daftar Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Karena itu, dilansir dari Medical Daily, ada 6 makanan dan minuman yang tinggi gula dan mesti diwaspadai jika dikonsumsi berlebihan.

Berikut daftar 6 makanan dan minuman tinggi gula yang berbahaya bagi penderita diabetes:

Waspadai Perbedaan Mengantuk Akibat Diabetes dan Mengantuk Biasa

3 Penyakit yang Bisa Diatasi oleh Sarang Burung Walet

4 Gangguan Kesehatan Akibat Mengonsumsi Softdrink secara Berlebihan

1. Yoghurt

Secara umum, mengonsumsi yoghurt yang berlabel rendah lemak atau tanpa lemak biasanya mengandung gula yang sangat tinggi. Setidaknya ada 15 gram gula di dalamnya, lebih dari setengah asupan gula yang disarankan.

2. Saus dan bumbu

Berbagai macam saus seperti saus tomat, saus sambal, dan saus tiram mengandung gula, dan mungkin beberapa di antaranya terhitung cukup tinggi. Maka dari itu, penting untuk mengecek label nutrisinya dan pilih jenis yang tidak mengandung gula tambahan.

3. Minuman olahraga

Meskipun diiklankan menyehatkan dan tidak terasa manis, kebanyakan minuman olahraga atau sport drink mengandung banyak gula dan kalori. Sebab, minuman ini bertujuan untuk menambah energi saat melakukan olahraga yang intens dalam waktu yang lama.

8 Tanaman Alami untuk Mengobati Diabetes

Sering Kencing, Bisa Jadi Tanda Hamil atau Diabetes

5 Makanan Alami yang Ampuh Turunkan Gula Darah

4. Jus kemasan

Beberapa jus kemasan meskipun terlihat sehat, ternyata mengandung banyak gula tambahan yang tak baik bagi kadar gula darah Anda, yakni lebih dari 50 gram per sajian.

Dan proses jus itu sendiri menyingkirkan serat buah, yang memperlambat pencernaan gula dan membuat Anda kenyang. Lebih baik Anda mengonsumsi buah secara langsung.

5. Susu alternatif

Beberapa susu alternatif yang terbuat dari bahan nabati rupanya mengandung banyak gula tambahan. Pilihlah jenis yang tidak manis atau rendah gula.

6. Selai kacang-kacangan

Selai kacang, seperti selai kacang tanah dan kacang almond, merupakan sumber terbaik dari lemak sehat. Akan tetapi, telitilah sebelum membeli karena sejumlah merek diproses dengan gula tambahan dan minyak hidrogenasi yang bisa mengurangi manfaat sehatnya.

5 Buah-buahan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

5 Makanan yang Meningkatkan Gula Darah Selain Makanan yang Manis

Mana yang Sebaiknya Dipilih Penderita Diabetes, Gula Merah atau Gula Putih?

Itulah 6 makanan tidak manis yang harus dihindari penderita diabetes.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar