Kadar Gula Darah Normal Berapa? Penderita Diabetes Jangan Makan 7 Hal Ini

  Sabtu, 29 Mei 2021   M. Naufal Hafizh
Kadar Gula Darah Normal Berapa? Penderita Diabetes Jangan Makan 7 Hal Ini. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Kadar gula darah normal berapa? Lalu, makanan apa saja yang harus dihindari penderita diabetes? Berapa batas kadar gula darah rendah dan kadar gula darah tinggi?

Kadar gula darah normal bisa berubah sebelum dan sesudah makan atau juga saat waktunya tidur. Kadar normal darah pun tidak berpatokan pada satu angka baku. Lantas, apakah kadar gula darah normal wanita dan pria berbeda, jawabannya ada di sini.

Kisaran Kadar Gula Darah yang Normal

Seusai makan, sistem pencernaan Anda akan memecah karbohidrat menjadi gula atau glukosa yang bisa diserap oleh aliran darah. Zat tersebut sangat penting untuk sumber energi sel-sel tubuh Anda. Darah mengalirkan zat gula ini menuju sel-sel tubuh guna menjadikannya energi.

Namun, zat gula ini harus melewati sebuah ‘pintu’ untuk memasuki sel-sel tersebut. Hormon yang berperan dalam membuka ‘pintu’ itu adalah insulin. Insulin dihasilkan oleh pankreas. Setelah memasuki sel, zat gula ini akan dibakar menjadi energi yang bisa Anda pakai. Gula yang lebih akan disimpan di hati untuk dipakai di kemudian hari.

Berikut ini kadar gula darah normal pada tubuh, batas kadar gula darah rendah dan batas kadar gula darah tinggi:

  1. Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
  2. Dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL
  3. Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL
  4. Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL

Buah kaya manfaat untuk kesehatan. Buah pun bisa memutihkan wajah. Namun, sejumlah buah ternyata bisa berdampak buruk bagi penderita diabetes. Sejumlah buah-buahan mengandung kadar gula yang tinggi.

Dilansir dari Boldsky, berikut 5 buah yang sebaiknya dihindari penderita diabetes.

1. Mangga

Setiap 100 gram mangga memiliki kandungan gula sekitar 14 gram, yang berpotensi memperburuk keseimbangan gula darah. Sering mengonsumsi mangga dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang berkepanjangan.

Waspadai Perbedaan Mengantuk Akibat Diabetes dan Mengantuk Biasa

2. Anggur

Di samping kandungannya yang kaya serat, vitamin, dan nutrisi penting lainnya, anggur juga ternyata memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya, karena dalam 85 gram anggur terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 15 gram.

3. Aprikot

Buah yang mirip dengan persik ini tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes, terutama dalam bentuk keringan. Satu cangkir buah aprikot mengandung 74 kalori dan 14,5 gram gula alami.

4. Nanas

Meskipun relatif aman untuk memakan nanas ketika menderita diabetes, konsumsi berlebihan dapat meningkatkan  kadar gula darah Anda. Senantiasa kontrol konsumsi Anda dan pantau perubahan kadar gula darah setelah mengkonsumsi nanas.

AYO BACA : Infinix Note 10, HP MURAH GAMING RAM 6 GB, Baterai 5000, Cek Spesifikasi Lengkapnya

Khasiat Si Super Pahit Mengkudu, Meningkatkan Kekebalan dan Menurunkan Kadar Gula Darah

5. Prune kering

Ini adalah salah satu buah utama yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Dalam 1/4 cangkir buah prune kering, terdapat indeks glikemik (GI) yang mencapai 130 dan 24 gram karbohidrat. 

Cara Alami Turunkan Gula Darah dengan Jambu Biji

Kadar Gula Darah Normal Berapa? Kadar Gula Darah Tinggi Sangat Mematikan?

Ini Kadar Gula Darah Normal Wanita dan Cara agar Gula Darah Normal

7 Makanan yang harus Dihindari Penderita Diabetes

Selain buah-buahan di atas, ada 7 makanan yang harus dihindari penderita diabetes, berikut daftarnya:

1. Sereal

Gula dapat digunakan dalam berbagai bentuk, termasuk ditambahkan pada sereal. Untuk menghindari adanya kandungan gula tambahan, periksa bagian informasi nutrisi dan carilah produk dengan kandungan gula kurang dari 15 gram per 100 gram tanpa tambahan buah. Sementara, pilih yang kurang dari 25 gram per 100 gram untuk sereal dengan tambahan buah.

2. Muesli Bars

Muesli bars atau juga dikenal sebagai granola bar memang merupakan pilihan makanan sehat. Namun, ini juga bisa membuat asupan gula Anda menjadi berlebih, dengan beberapa merek produk yang menyertakan gula hingga 25 persen.

Seperti sebelumnya, Anda perlu memeriksa informasi nutrisi di kemasan produk. Pilih granola bar dengan gula kurang dari 15 gram per 100 gram.

AYO BACA : 8 Cara Memutihkan Kulit secara Alami di Rumah, Mudah Banget!

3. Bubur Oat Instan

Bubur oat atau gandum instan yang biasanya dikemas dalam sachet mengandung sebanyak 26 gram gula per 100 gram. Jumlah ini jauh dibandingkan bubur gandum non-instan yang hanya memiliki satu gram gula per 100 gram.

Jika Anda tetap ingin menyajikan bubur gandum secara praktis dengan produk instan ini, pilihlah versi tanpa rasa. Setelah itu, tambahkan buah alami yang biasa dipilih sendiri.

4. Susu Alternatif

Susu alternatif yang bisa berupa pemanis organik seperti sirup beras merah organik, sirup kelapa, sari tebu, dan gula mentah. Untuk menghindarinya, periksa bagian depan kemasan dan pilih produk tanpa pemanis.

5. Mayones dan Dressing

Apa yang harus diketahui, beberapa mayones rendah lemak bisa mengandung lebih dari 20 persen gula. Untuk menghindarinya, Anda bisa memilih alpukat yang memiliki manfaat gizi tambahan.

6. Saus

Beberapa jenis saus seperti tomat, barbekyu, dan saus cabai manis, dan saus tumis, hingga bumbu perendam (marinades) mengandung gula hingga 70 persen. Gunakan jumlah secukupnya atau buatlah sendiri untuk menghindari kandungan gula berlebih.

7. Kombucha dan Minuman Kesehatan

Minuman dapat dikatakan rendah gula jika mengandung kurang dari 2,5 gram gula per 100 ml. Namun, dalam kombucha maupun minuman kesehatan lainnya dengan ukuran sebanyak 330 ml, bisa terkandung hingga dua sendok teh gula dan beberapa produk menggunakan pemanis sebagai gantinya.

Jika ingin mendapatkan manfaat dari minuman seperti kombucha, cobalah konsumsi makanan fermentasi sebagai pengganti seperti miso, sauerkraut, kimchi atau plain yoghurt.

Itulah informasi tentang kadar gula darah normal berapa, 5 buah dan 7 makanan yang harus dihindari penderita diabetes.

AYO BACA : Menu Diet Cepat, 5 Minuman Enak & Segar Ini Turunkan Berat Badan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar