Pengenaan Biaya Transaksi Cek Saldo di ATM BNI, BRI, BTN dan Mandiri Ditunda

  Selasa, 01 Juni 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi ATM. (Peggy und Marco Lachmann-Anke dari Pixabay )

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sepakat untuk menjadwalkan kembali implementasi penyesuaian biaya transaksi cek saldo dan tarik tunai yang dilakukan di mesin – mesin ATM Merah Putih atau ATM dengan tampilan ATM Link. 

Dengan demikian, penyesuaian tarif yang pada awalnya akan diimplementasikan pada 1 Juni 2021 menjadi ditunda. Penundaan ini diharapkan dapat meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat lebih luas lagi. 

Transaksi Tetap Gratis

Adi Sulistyowati menegaskan kembali, meski tarif tranksasi di ATM Link nantinya akan disesuaikan, para nasabah Himbara masih bisa menikmati layanan cek saldo dan tarik tunai secara gratis melalui ATM yang berlogo sama dengan penerbit kartu. Misalnya pemilik kartu ATM BNI tidak dikenakan biaya transaksi tersebut jika digunakan di ATM Link BNI. Nasabah juga memiliki pilihan untuk melakukan pengecekan saldo secara gratis melalui layanan mobile banking.

Setelah perubahan tarif nanti diberlakukan, BRI, BNI, Mandiri dan BTN yang bergabung dalam layanan ATM Link memastikan layanan transaksi di ATM Link akan lebih baik, dengan jaringan yang luas sampai ke area remote dengan dukungan lebih dari 45.000 ATM sebagai perwujudan komitmen Himbara dan Jalin untuk tetap mengakselerasi inklusi dan literasi keuangan.

"Tetapi patut diingat penyesuaian tarif baru untuk tarif cek saldo dan tarik tunai tetap  lebih rendah dibandingkan jaringan ATM lain di Indonesia. Khusus untuk nasabah penerima bansos, cek saldo dan tarik tunai di ATM Link tidak akan dikenakan biaya sama sekali", ujar Wakil Direktur Utama BNI, Adi Sulistyowati di Jakarta, Selasa (1 Juni 2021).

AYO BACA : Cara Pemutakhiran Data PNS dengan Aplikasi MySAPK

Selain jangkauan yang lebih luas, penyesuaian biaya transaksi ATM Link diharapkan memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas layanan, keamanan, dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi. Himbara juga mengajak nasabah untuk dapat bertransaksi secara non tunai (cashless) dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital.

Daftar Biaya Cek Saldo BNI, BRI, Mandiri, & BTN beserta Tarik Tunai

Sebelumnya, Ketua Himbara Sunarso mengatakan pengenaan biaya cek saldo dan tarik tunai pada jaringan ATM Link untuk mendukung kenyamanan nasabah. "Dalam rangka mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi, setiap transaksi cek saldo dan tarik Tunai kartu BNI pada ATM Bank Himbara (Mandiri, BRI dan BTN) atau ATM dengan tampilan ATM LINK) akan dikenakan biaya," ujarnya dalam keterangan resmi.

Berikut ini daftar biaya cek saldo ATM BNI, BRI, Mandiri, dan BTN, beserta biaya tarik tunainya:

  1. Cek saldo: Rp 2.500
  2. Tarik tunai: Rp 5.000
  3. Transfer: Rp 4.000 (Biaya tetap)

Perbandingan Biaya Cek Saldo, Tarik Tunai, dan Transfer dengan ATM Non-Link

Meski ada perubahan, jaringan bank pemerintah ini menyebut para nasabah tetap mendapatkan manfaat. Sebab, mereka masih tetap dapat bertransaksi dengan biaya yang lebih hemat ketimbang transaksi pada ATM non-Link.

Dari situs resminya, BNI memberi perbandingan biaya transaksi dengan ATM non-Link yang lebih mahal.

  1. Cek saldo: Rp 4.000
  2. Tarik tunai: Rp 7.500
  3. Transfer Rp 6.500

"Biaya transaksi ini akan didebet langsung dari rekening nasabah pada saat melakukan transaksi," tambah informasi tersebut.

ATM Link

AYO BACA : Pelan-pelan ATM akan Ditinggalkan Masyarakat

Apa itu ATM Link? ATM Link adalah semua ATM milik 4 Bank Negara yang tergabung ke dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN yang telah berlogo ATM Link.

Saat ini sudah terdapat 53 ribu ATM Link yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Fitur yang dimiliki ATM Link

Nasabah dapat melakukan transkasi :

  • Cash Withdrawal / Penarikan Tunai
  • Balance Inquiry / Cek Saldo
  • Transfer Antar Bank
  • Pembayaran Tagihan
  • Pembelian Pulsa
  • Isi ulang / top up uang electronic Himbara (e-Money, Brizzi, Tapcash dan Blink)
    Khusus untuk isi ulang uang electronic, untuk saat ini masih dilakukan di ATM Bank Himbara penerbit, yaitu :
    • Kartu e-Money ke ATM Link dengan logo Bank Mandiri atau Bank BTN
    • Kartu Brizzi ke ATM Link dengan logo Bank BRI
    • Kartu Tapcash ke ATM Link dengan logo Bank BNI
    • Kartu Blink ke ATM Link dengan logo Bank BTN atau logo Bank Mandiri

Manfaat menggunakan ATM Link

ATM Link menawarkan banyak keuntungan bagi nasabah Bank Himbara (Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN), yang melakukan transaksi melalui ATM Link yaitu:

  • Biaya yang lebih murah untuk transaksi transfer antar Bank Himbara di seluruh jaringan ATM Link dibandingkan dengan jaringan ATM lainnya, yaitu sebesar Rp 4.000,- (empat ribu rupiah)
  • Mudah dijangkau, dengan jumlah ATM 53 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia dan menjangkau hingga pelosok terpencil di tanah air.

Itulah informasi bahwa per 1 Juni 2021, cek saldo bank kena biaya untuk BNI, BRI, Mandiri, & BTN. Hal itupun berlaku untuk tarik tunai.

 

 

AYO BACA : Dari 7 Presiden Indonesia, 4 Lahir di Bulan Juni Siapa Saja Mereka ?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar