Kadar Gula Darah Normal Wanita Berapa? 5 Makanan Ini Turunkan Gula Darah Diabetes

  Rabu, 02 Juni 2021   M. Naufal Hafizh
Kadar Gula Darah Normal Wanita Berapa? 5 Makanan Ini Turunkan Gula Darah. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Gula darah normal wanita berapa, apakah sama dengan laki-laki? Lalu, bagaimana cara agar gula darah normal? Adakah makanan alami yang menurunkan gula darah? Artikel ini akan coba membahasnya

Menurut dr Ester Agustina, kadar gula darah wanita maupun pria tidak berbeda. Rata-rata memiliki kadar gula darah yang sama.

Namun, kadar gula darah ini bisa berubah sebelum dan sesudah makan atau juga saat waktunya tidur. Kadar gula darah normal pun tidak berpatokan pada satu angka baku.

Kisaran Kadar Gula Darah Normal Wanita dan Laki-laki

Seusai makan, sistem pencernaan akan memecah karbohidrat menjadi gula atau glukosa yang bisa diserap oleh aliran darah. Zat tersebut sangat penting untuk sumber energi sel-sel tubuh Anda. Darah mengalirkan zat gula ini menuju sel-sel tubuh guna menjadikannya energi.

Namun, zat gula ini harus melewati sebuah ‘pintu’ untuk memasuki sel-sel tersebut. Hormon yang berperan dalam membuka ‘pintu’ itu adalah insulin. Insulin dihasilkan oleh pankreas. Setelah memasuki sel, zat gula ini akan dibakar menjadi energi yang bisa Anda pakai. Gula yang lebih akan disimpan di hati untuk dipakai di kemudian hari.

Berikut ini kadar gula darah normal pada tubuh, batas kadar gula darah rendah dan batas kadar gula darah tinggi:

  1. Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
  2. Dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL
  3. Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL
  4. Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL

Ciri-ciri Gula Darah Tinggi:

Seperti dilansir dari Daily Star, berikut adalah 6 tanda seseorang memiliki kadar gula darah tinggi.

1. Terus merasa lelah

Tubuh mengubah makanan menjadi glukosa yang digunakan tubuh untuk mengisi energi. Mereka yang menderita diabetes tipe 2 tidak akan memiliki cukup insulin untuk membuat glukosa yang dapat membuat penderita merasa lelah terus menerus.

AYO BACA: Berkeliaran Saat PSBB di Bandung Akan Dipukul Rotan?

AYO BACA: Tempelkan Liur di Bus, Tentara AS Tularkan Corona?

AYO BACA: Ada Penampakan Kuntilanak di RS Covid-19 Galang?

 2. Penglihatan kabur

Kelebihan gula darah yang disebabkan oleh diabetes tipe 2 dapat merusak pembuluh darah kecil di mata. Hal ini dapat menyebabkan penglihatan kabur, di satu atau kedua mata, yang mungkin datang dan pergi.

3. Penyembuhan luka melambat

Memiliki gula darah tinggi dari waktu ke waktu dapat memengaruhi aliran darah yang menyebabkan kerusakan saraf. Ini bisa membuat tubuh Anda sulit menyembuhkan luka.

AYO BACA: Mayat Korban Virus Corona Penuhi Jalanan Wuhan Cina?

AYO BACA: Thailand Pakai Ganja untuk Sembuhkan Pasien Corona?

AYO BACA: Tahan Napas 10 Detik Bisa Tes Gejala Corona Covid-19?

4. Sangat sering buang air kecil

Ginjal bekerja ekstra keras pada mereka yang menderita diabetes, karena mereka mencoba menghilangkan kelebihan gula dengan menyaringnya keluar dari darah. Hal ini membuat penderita diabetes perlu buang air kecil lebih sering.

5. Selalu merasa haus dan lapar

Mereka yang menderita diabetes tipe 2 sering tidak mendapatkan energi yang cukup dari makanan yang mereka makan. Karena penderita diabetes tidak memiliki cukup glukosa untuk bergerak ke dalam sel-sel tubuh, membuat mereka merasa lapar terus-menerus.

Selain itu, karena sering buang air kecil, maka akan menyebabkan tubuh kehilangan air tambahan. Ini dapat menyebabkan dehidrasi, dan membuat penderita merasa lebih haus dari biasanya.

AYO BACA: Pemerintah Gratiskan Akses Internet Akibat Corona?

AYO BACA: Salat Tarawih Boleh Dilaksanakan Seperti Tahun Lalu?

AYO BACA: Ada Negara Buang Jenazah Pasien Covid-19 ke Laut?

6. Kesemutan, mati rasa atau sakit di tangan dan kaki

Kadar gula darah yang tinggi dapat mempengaruhi sirkulasi darah, dan merusak saraf di dalam tubuh.

Jika seseorang memiliki diabetes tipe 2 yang tidak terdiagnosis, mereka mungkin merasakan kesemutan atau kesakitan di tangan dan kaki.

Selain itu, kadar gula darah tinggi yang tidak terkontrol juga bisa menimbulkan komplikasi berbahaya, seperti ketoasidosis diabetik dan sindrom hiperglikemi hiperosmolar nonketotik (HHNK).

Tanda-tanda Gula Darah Rendah

Batas gula darah rendah adalah ketika angkanya di bawah 70 mg/dL. Sementara itu, batas gula darah tinggi jika angkanya lebih dari 200 mg/dL.

Berikut ini tanda gula darah rendah:

  1. Tubuh lemas
  2. Kulit pucat
  3. Berkeringat
  4. Kelelahan
  5. Gelisah
  6. Sulit berkonsentrasi
  7. Mudah marah
  8. Kesemutan di area mulut
  9. Tidak mampu berdiri atau berjalan
  10. Kejang
  11. Jantung berdebar

Selain itu, kadar gula darah rendah sama mematikannya dengan kadar gula darah tinggi. Gula darah rendah bisa menyebabkan koma hingga kerusakan otak.

5 Makanan Alami yang Menurunkan Gula Darah

Sejumlah makanan alami yang mudah ditemukan bisa menjadi obat alami untuk menurunkan gula darah penderita diabetes.

Ketika seseorang menderita diabetes, tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup baik. Akhirnya, glukosa pun menumpuk di dalam darah dan tingginya glukosa itulah menyebabkan berbagai gejala, seperti kelalahan hingga penyakit jantung.

6 Tanda Kadar Gula Darah Tinggi, Termasuk Selalu Lelah

Teh Jahe Resmi Jadi Obat Alami yang Bisa Atasi Covid-19?

Salah satu cara mengontrol gula darah dengan mengonsumsi makanan sehat. Terutama makanan dan minuman yang lambat diserap tubuh karena bisa menurunkan kadar gula darah.

Melansir dari medicalnewstoday.com, berikut ini beberapa makanan yang bisa mempertahankan dan juga menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

1. Roti gandum

Sejauh ini penderita diabetes memilih menghindari roti karena dianggap cepat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Namun, roti gandum utuh memiliki skor GI lebih rendah daripada roti biasa lainnya. Serat roti gandum ini pula membantu memperlambat pencernaan dan menstabilkan kadar gula darah.

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan, Obat Darah Tinggi dan Jaga Gula Darah

Teh Jahe Resmi Jadi Obat Alami yang Bisa Atasi Covid-19?

2. Buah-buahan

Hampir semua buah-buahan memiliki skor GI yang kurang dari 55 karena mengandung banyak air dan serat guna menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh secara alami, kecuali nanas dan melon.

Sebuah studi pada 2013 menyatakan orang yang mengonsumsi buah-buahan seperti blueberry, anggur, dan apel memiliki risiko lebih rendah menderita diabetes tipe 2.

Waspadai Perbedaan Mengantuk Akibat Diabetes dan Mengantuk Biasa

Teh Jahe Resmi Jadi Obat Alami yang Bisa Atasi Covid-19?

3. Ubi jalar

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daging ubi jalar mengandung lebih banyak serat, artinya bermanfaat bagi penderita diabetes yang ingin menurunkan atau mengontrol kadar gula darahnya.

Para peneliti juga menyatakan bahwa konsumsi ubi jalar dapat menurunkan risiko diabetes, terutama kentang manis dan ubi.

3 Penyakit yang Bisa Diatasi oleh Sarang Burung Walet

Teh Jahe Resmi Jadi Obat Alami yang Bisa Atasi Covid-19?

4. Kacang

Penelitian pada 2014 silam menemukan bahwa kacang termasuk makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes. Karena, kacang-kacangan mengandung banyak serat dan memiliki skor GI 55 atau kurang.

Selain itu, kacang juga mengandung protein nabati tinggi, asam lemak tak jenuh, vitamin antioksidan, fitokimia dan mineral.

5. Bawang putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang sering dijadikan obat tradisional mengatasi diabetes dan penyakit kronis lainnya. Senyawa dalam bawang putih dapat membantu mengurangi gula darah dengan meningkatkan sensitivitas dan sekresi insulin.

Fakta ini terbukti pada orang yang mengalami penurunan gula darah cukup signifikan dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin.

Cara agar Gula Darah Normal

Olahraga rutin

Dengan rutin olahraga, Anda bisa menstabilkan gula darah. Lakukan olahraga setidaknya 2,5 jam per minggu secara teratur. Anda bisa melatih kekuatan otot-otot tubuh karena peranannya dalam menggunakan dan menyimpan gula sangat besar. Hal tersebut bisa membuat kadar gula darah tetap normal. Namun ingat, jangan berlebihan melakukan aktivitas fisik karena hal tersebut bisa memicu hipoglikemia.

Perhatikan asupan makanan

Sebaiknya batasi konsumsi karbohidrat. Sumber karbohidrat yang bisa Anda pilih yaitu ubi, pasta dari biji-bijian utuh, dan nasi merah. Makanan lain yang bagus untuk Anda konsumsi yaitu kacang-kacangan seperti almond, ikan salmon, daging dada ayam tanpa kulit,  brokoli, bayam, dan kayu manis.

Makan tepat waktu

Jangan melewatkan waktu makan Anda, terutama sarapan. Jika hal ini terjadi, rasa lapar akan meningkat di jam makan berikutnya. Hasilnya Anda akan makan secara berlebihan, kemudian naiklah gula darah Anda. Makan tiga kali sehari ditambah dua camilan bernutrisi di sela-sela jam makan bisa membantu gula darah tetap normal.

Hindari stres

Sebaiknya segera atasi stres yang Anda alami, karena kondisi ini bisa membuat kadar gula darah Anda meningkat.

Selalu sedia camilan manis

Selalu bawa camilan manis seperti permen untuk mencegah kadar gula darah menurun drastis. Namun jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Untuk mengetahui kadar gula darah normal, tes gula darah bisa dilakukan di rumah sakit, atau jika ingin praktis Anda bisa membeli alat tes gula darah yang bisa dipakai di rumah. Namun, untuk memantau kadar gula darah selama 2 sampai 3 bulan terakhir, diperlukan tes haemoglobin A1c (HbA1c) di laboratorium. Sebaiknya konsultasi ke dokter untuk mengetahui jenis tes darah yang dibutuhkan, demikian dikutip Alodokter.

Itulah kadar gula darah normal wanita dan pria batas kadar gula darah rendah dan batas kadar gula darah tinggi, cara agar gula darah normal, serta 5 makanan alami yang menurunkan gula darah.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar