Data Zona Hijau, Kuning, Oranye, dan Merah Kelurahan di Surabaya per 3 Juni

  Jumat, 04 Juni 2021   Andres Fatubun

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Data lawancovid-19.surabaya per 3 juni 2021 tentang zona risiko penyebaran Covid-19 di Surabaya menunjukkan tidak ada satupun kelurahan yang masuk zona merah. 

Data memperlihatkan dari  154 kelurahan, 82 kelurahan masuk zona hijau, 67 zona kuning, dan 5 zona oranye. 

Penetapan Zona

Penetapan zona dalam PPKM mikro diatur dalam Instruksi Mendagri Nomor 3 tahun 2021. Pertimbangan kriteria zonasi pengendalian wilayah diberlakukan hingga tingkat rukun tetangga (RT).

Berikut rincian kriteria zona dalam PPKM mikro.

AYO BACA : BMKG: Potensi Gempa Magnitudo 8.9 di Jatim Bisa Terjadi Sewaktu-waktu

1. Zona Hijau dengan kriteria tidak ada kasus COVID-19 di satu RT, maka skenario pengendalian dilakukan dengan surveilans aktif, seluruh suspek di tes dan pemantauan kasus tetap dilakukan secara rutin dan berkala.

2. Zona Kuning dengan kriteria jika terdapat satu sampai dengan lima rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama tujuh hari terakhir, maka skenario pengendalian adalah menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat, lalu melakukan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dengan pengawasan ketat.

3. Zona Oranye dengan kriteria jika terdapat  enam sampai dengan sepuluh rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama tujuh hari terakhir, maka skenario pengendalian adalah menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat, lalu melakukan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dengan pengawasan ketat, serta menutup rumah ibadah, tempat bermain anak dan tempat umum lainnya kecuali sektor esensial.

4. Zona Merah dengan kriteria jika terdapat lebih dari sepuluh rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama tujuh hari terakhir, maka skenario pengendalian adalah pemberlakuan PPKM tingkat RT yang mencakup:

  • menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat;
  • melakukan isolasi mandiri/terpusat dengan pengawasan ketat;
  • menutup rumah ibadah, tempat bermain anak dan tempat umum lainnya kecuali sektor esensial;
  • melarang kerumuman lebih dan tiga orang;
  • membatasi keluar masuk wilayah RT maksimal hingga Pukul 20.00; dan
  • meniadakan kegiatan sosial masyarakat di lingkungan RT yang menimbulkan kerumuman dan berpotensi menimbulkan penularan

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar