YAKULT TERBUAT DARI SPERMA SAPI? Ini Obat Diare Alami

  Jumat, 04 Juni 2021   M. Naufal Hafizh
YAKULT TERBUAT DARI SPERMA SAPI? Ini Obat Diare Alami. (Turnbackhoax.id)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Beredar informasi di Facebook yang menyebutkan bahwa yakult terbuat dari sperma sapi? Lalu, apakah ada obat diare alami yang bisa Anda coba?

Menurut hasil cek fakta Ani Nur MR  dari Universitas Airlangga yang dimuat Turnbackhoax.id, tidak ada sperma sapi yang terkandung dalam Yakult.

Kronologi

Beredar unggahan di Facebook Bernama Kheifer Amitures Threader berupa narasi yang mengklaim bahwa yakult dibuat dari sperma sapi.

Dalam unggahannya juga disertai screenshot hasil pencarian dari google untuk pertanyaan “is yakult made of cow sperm” (apakah yakult terbuat dari sperma sapi.

Dari hasil pencarian Google ditemukan jawaban yang yang mengarah pada laman Facebook dengan akun bernama DYK. Akun ini mengklaim tanpa bukti pendukung, hanya disertakan gambar produk Yakult, serta narasi yang menyatakan bahwa Yakult terbuat dari sperma sapi. Postingan DYK., di-likes 246 akun dan dibagikan 125 kali.

Cara Mengobati Darah Tinggi dengan Teh Daun Kelor & Cara Membuatnya

MENU DIET ENAK, Minum Teh Jahe Setiap Pagi Turunkan Berat Badan

Kadar Gula Darah Normal Berapa? Penderita Diabetes Harus Hindari 5 Buah Ini

Setelah dilakukan penelusuran terkait, fakta menunjukkan bahwa Yakult terbuat dari sperma sapi adalah pernyataan keliru. Hasil penelusuran pada situs resmi Yakult Indonesia (yakult.co.id), diketahui bahwa komposisi Yakult terdiri dari Air, Sukrosa, Susu Skim Bubuk, Dekstrosa, Perisa Identik Alami, Kultur Bakteri Asam Laktat (Bakteri L. casei Shirota strain).

Seperti yang sudah diketahui publik, Yakult adalah produk minuman fermentasi, yang bahan utamanya adalah susu sapi yang sudah difermentasi. Manfaat yang terkandung dari minuman Yakult dikarenakan terdapat Bakteri L. casei yakni bakteri baik yang didapatkan karena proses fermentasi.

Bakteri L. casei mengandung asam laktat yang dapat melindungi dinding usus manusia, sehingga bakteri jahat sulit menempel pada dinding usus, dengan begitu usus akan terjaga kesehatannya.

Hasil penelusuran juga dilakukan pada produk Yakult di luar Indonesia, seperti Yakult USA. Dalam laman resminya, yakultusa.com, dalam list komposisinya juga tidak ada sperma sapi.

Tak Terduga, Ini Khasiat Air Putih untuk Otak dan 3 Manfaat Lainnya

MENU DIET AMPUH, 10 Makanan & 7 Minuman Turunkan Berat Badan

Mau Kulit Cantik & Sehat Tanpa Skincare? Kurangi 6 Makanan Ini

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa, minuman probiotik Yakult mengandung sperma sapi adalah Hoaks dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.

Obat Diare Alami

Mengutip Alodokter, berikut gejala, penyebab, dan obat diare alami:

Gejala diare bervariasi. Penderita bisa merasakan satu atau lebih gejala. Namun, gejala yang paling sering dirasakan penderita diare antara lain:

  • Perut terasa mulas.
  • Tinja encer (buang air besar cair) atau bahkan berdarah.
  • Mengalami dehidrasi.
  • Pusing, lemas, dan kulit kering.

Sebagian besar diare disebabkan oleh infeksi kuman di usus besar. Namun, diare yang berlangsung lama dapat terjadi akibat radang di saluran pencernaan.

Pencegahan dan Obat Diare

Penderita diare dapat meminum cairan elektrolit, guna mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare. Selama terjadi diare, konsumsi makanan yang lunak dan antibiotik atau obat anti diare. Untuk kondisi yang lebih serius, dokter mungkin akan memberikan obat-obatan, seperti:

  • Obat antibiotik
  • Obat pereda nyeri
  • Obat yang dapat memperlambat gerakan usus.

Untuk membantu mempercepat pemulihan diare, Anda juga dapat mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik, seperti yoghurt dan Greek yogurt.

Untuk mencegah diare, Anda dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan makanan, misalnya dengan mencuci buah dan sayur, serta hindari konsumsi makanan dan meminum air yang tidak dimasak hingga matang.

Itulah hasil cek fakta yang menyebutkan bahwa yakult terbuat dari sperma sapi adalah hoaks dan obat diare alami yang bisa Anda coba.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar