PENGUMUMAN KARTU PRAKERJA GELOMBANG 17, Anda Lolos? Ini Jadwal dari Panitia

  Rabu, 09 Juni 2021   M. Naufal Hafizh
PENGUMUMAN KARTU PRAKERJA GELOMBANG 17, Anda Lolos? Ini Jadwal dari Panitia

PENGUMUMAN KARTU PRAKERJA GELOMBANG 17, Cek Nama Peserta yang Lolos di Sini

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Kapan pengumuman kartu prakerja gelombang 17 disampaikan? Cek peserta yang lolos di sini.

Peserta yang akan lolos gelombang tambahan ini hanya 44 ribu saja. Jumlahnya tidak sebanyak kartu prakerja gelombang 12 hingga 16 yang mencapai 600 ribu per gelombang.

Gelombang tambahan ini ditutup Senin, 7 Juni 2021 pukul 23.59 WIB. Lantas, kapan pengumuman kartu prakerja gelombang 17 lolos tidaknya diumumkan?

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menegaskan, pihaknya tidak akan mengumumkan hasilnya hingga hari ini (Rabu).

Manajemen Pelaksana, kata dia, masih melakukan konsolidasi data dari para pendaftar.

"Termasuk melihat apakah mereka termasuk dalam daftar blacklist atau sudah pernah menerima bantuan sosial lainnya," ujar Louisa kepada awak media, Selasa 8 Juni 2021.

"Saya masih menunggu jumlah mereka yang mendaftar untuk gelombang 17," katanya.

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menegaskan bahwa pihaknya tetap mengacu pada Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020, dalam menyeleksi penerimaan Kartu Prakerja.

Dalam Permenko tersebut, terdapat daftar hitam atau blacklist bagi sebagian orang yang dilarang mengikuti, bahkan menerima bantuan subsidi Kartu Prakerja.

Adapun daftar hitam yang dimaksud adalah mereka yang berstatus sebagai pejabat negara, pemimpin dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota kepolisian, kepala dan perangkat desa, direksi, komisaris, dan dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.

Penyebab Tidak Lolos Kartu Prakerja Gelombang 17

Ada sejumlah hal yang bisa jadi penyebab tidak lolos kartu Prakerja Gelombang 17, antara lain karena tidak memenuhi persyaratan atau melanggar persyaratan yang ada.

Di tahun 2021, ada penambahan persyaratan bagi masyarakat yang akan mendaftar dan lolos menjadi penerima insentif sebesar Rp3,55 juta itu.

Tambahan syarat tersebut berupa syarat bahwa yang bersangkutan bukan merupakan penerima bantuan sosial (bansos) pemerintah antara lain bansos dari Kementerian Sosial (DTKS), BSU, dan BPUM.

“Penerima Kartu Prakerja di tahun 2020 juga tidak dapat lagi mendaftar,” kata Airlangga dalam konferensi persnya, Selasa (23/2/2021).

Adapun persyaratan dan ketentuan peserta Kartu Prakerja tahun 2021 antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas (pencari kerja atau penganggur, lulusan baru, korban PHK, pekerja buruh atau karyawan, wirausaha)
  2. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  3. Bukan penerima bansos Kemensos (DTKS), BSU, dan BPUM
  4. Bukan TNI/Polri, ASN, Anggota DPR/D, BUMN/D, dan lainnya
  5. Demi pemerataan, setiap KK dibatasi hanya 2 anggota keluarga yang dapat menerima Kartu Prakerja.

Peserta yang lolos dan mendapatkan pengumuman kartu prakerja gelombang 17 ini akan mendapatkan insentif Rp3,55 juta. Perinciannya, Rp1 juta untuk membeli pelatihan (tidak bisa dicairkan), Rp600.000 setiap 4 bulan, dan Rp150 ribu setelah memberikan rating atau survei.

Siap-Siap Kartu Prakerja Gelombang 18

Gagal di gelombang 17, jangan sedih dulu karena bakal ada gelombang 18 dan seterusnya. Hal itu dipastikan pemerintah yang akan melanjutkan Program Kartu Prakerja di semester kedua tahun ini. 

Diberitakan sebelumnya, Gelombang 17 merupakan gelombang terakhir Kartu Prakerja semester 1 2021 dengan jumlah kuota paling sedikit yaitu 44 ribu. Pada semester pertama 2021, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja sudah meluncurkan enam gelombang yaitu gelombang 12 hingga 17.  

"Tahun ini peserta program Kartu Prakerja kira-kira 8,2 juta dan ini sudah jalan semester satu 2,7 juta dan ini akan dilanjutkan pada semester kedua," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto seperti dikutip Youtube Kemenko Perekonomian, Jumat (4/6).

Dia melanjutkan saat ini program Kartu Prakerja berhasil melahirkan para wirausaha. Hal ini pun diharapkan bisa menyelamatkan ekonomi Indonesia dari pandemi Covid-19.

"Kami berharap seluruh penerima Prakerja bisa menjadi calon usahawan kecil dan menengah. Jadi graduasi kartu Prakerja menjadi wiraswasta-wiraswasta baru dan ini ada di seluruh Indonesia sehingga bisa membantu menyelamatkan ekonomi Indonesia," ucapnya.

Itulah informasi mengenai pengumuman kartu prakerja gelombang 17 yang dipastikan tidak akan disampaikan hari ini, penyebab tidak lolos kartu prakerja gelombang 17, dan kepastian kartu prakerja gelombang 18.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar