Cara Mencegah Osteoporosis dengan Makan 5 Buah Enak yang Menguatkan Tulang

  Kamis, 10 Juni 2021   M. Naufal Hafizh
Cara Mencegah Osteoporosis dengan Makan 5 Buah Enak yang Menguatkan Tulang

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM – Sedikitnya ada 5 buah enak yang menguatkan tulang. Kelima buah itu bisa menjadi salah satu cara mencegah osteporosis yang alami.

Osteoporosis merupakan kondisi saat tulang sangat lemah atau rapuh dan juga mengakibatkan keropos tulang.

Tubuh secara konstan mengganti jaringan tulang lama dengan yang baru.

Pada kondisi osteoporosis, pembuatan tulang baru tertunda. Kondisi ini kebanyakan menyerang orang tua atau wanita setelah menopause, namun saat ini kondisi tersebut semakin umum terjadi pada populasi yang jauh lebih muda.

Ini menjadi masalah yang memprihatinkan karena penderita osteoporosis dapat melukai diri sendiri dengan parah, bahkan setelah benjolan kecil dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Jika Anda menghadapi gejala, sebaiknya segera berkonsultasi dengan ahlinya.

Selain itu, bentengi pola makan Anda dengan beberapa buah musiman yang dikenal dapat memperkuat tulang secara alami, juga merupakan ide yang bagus.

Berikut ini 5 buah yang membuat tulang kuat untuk mencegah osteoporosis:

1. Nanas

Seperti dilansir di laman NDTV, buah lezat ini diperkaya dengan potasium. Menurut penelitian, diet kalium dapat membantu menetralkan beban asam dan dengan demikian mengurangi sebagian besar kehilangan kalsium.

Selain itu, nanas adalah sumber vitamin A dan kalsium yang sangat baik, dua komponen yang sangat penting untuk tulang kuat.

2. Stroberi

Buah beri merah yang cantik ini penuh dengan kesegaran dan sejumlah manfaat kesehatan. Mereka dikemas dengan antioksidan yang membantu melawan kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan degenerasi tulang.

Selain itu, stroberi juga merupakan sumber kalsium, mangan, kalium, vitamin K dan vitamin C yang baik yang semuanya membantu pembentukan tulang baru.

3. Apel

Apel kaya akan kalsium, bahan penyusun tulang dan vitamin C, penting untuk produksi kolagen dan merangsang kerja tulang baru.

4. Pepaya

Buah manis dan berair ini membuat musim panas lebih nyaman bagi Anda dan sangat sehat. Sangat kaya akan vitamin C, pepaya dapat melakukan keajaiban untuk tulang, kulit, dan kekebalan Anda.

5. Tomat

Vitamin K, kalsium, dan likopen dalam tomat bekerja sama untuk memperkuat dan memperbaiki tulang serta meningkatkan massa tulang. Anda bisa menggunakan tomat dalam salad, kari, sup, semur, jus, dan chutney.

Itulah 5 buah enak yang menguatkan tulang, bisa menjadi salah satu cara mencegah osteoporosis secara alami

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar