3 Alasan Buah Naga Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

  Kamis, 10 Juni 2021   Andres Fatubun
Serat buah naga dinilai efektif untuk menurunkan berat badan. (Juemi dari Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Ada banyak manfaat buah naga untuk kesehatan dan salah satunya adalah menurunkan berat badan. Manfaat buah naga untuk diet ini tentu tak lepas dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Dikutip dati alodokter.com, buah naga merupakan salah satu jenis buah yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan warna dagingnya, buah naga terdiri dari dua jenis, yaitu buah naga merah dan buah naga putih.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Beberapa nutrisi yang terkandung di buah naga meliputi:

  • Serat
  • Protein
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Flavonoid
  • Polifenol

Berkat kandungannya tersebut, buah naga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk menurunkan berat badan.

fruit-2477542-640

Buah naga memiliki daging berwarna putih dan merah (Fathima Shanas dari Pixabay)

Manfaat Buah Naga untuk Menurunkan Berat Badan

AYO BACA : Cara Daftar Ulang Peserta PPDB Surabaya, 14-19 Juni

Ada beberapa alasan yang membuat buah naga baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, di antaranya:

1. Mengurangi nafsu makan
Buah naga adalah salah satu jenis buah yang tinggi serat, sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda tidak mudah merasa lapar dan keinginan untuk ngemil atau makan lebih banyak pun bisa berkurang.

2. Mengurangi asupan kalori
Salah satu kunci diet sehat adalah mengurangi asupan kalori sekaligus memperbanyak aktivitas fisik agar tubuh dapat memecah lemak untuk dijadikan energi.

Namun, mengurangi asupan kalori dengan mengonsumsi makanan rendah kalori sering kali membuat seseorang mudah merasa lapar, sehingga tergoda untuk makan secara berlebihan.

Meski termasuk dalam jenis buah yang rendah kalori, buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dengan mengonsumsinya Anda tetap dapat mengurangi asupan kalori tanpa rasa lapar berlebih.

3. Mengurangi penumpukan lemak perut
Serat di dalam buah naga memiliki sifat prebiotik. Jenis serat ini berfungsi sebagai asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

AYO BACA : Kenali Perbedaan Vaksin AstraZeneca dan Sinovac Serta Efeknya

Beberapa penelitian membuktikan bahwa keberadaan bakteri baik di dalam usus dapat mencegah dan mengurangi penumpukan lemak perut yang menyebabkan perut terlihat buncit. Meski demikian, studi tersebut masih terbatas pada uji laboratorium, sehingga perlu diteliti lebih lanjut.

Cara Sehat Mengonsumsi Buah Naga untuk Diet

Buah naga memang dapat membantu diet untuk menurunkan berat badan. Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan kebersihan dan cara mengolahnya.

Pilihlah buah naga yang kondisinya masih baik dan tidak terlihat busuk. Jangan lupa juga untuk mencuci buah naga terlebih dahulu sebelum Anda memotong dan mengonsumsinya.

dragon-fruits-5826788-640

Olahan puding buah naga cocok untuk menurunkan berat badan (wufuquan dari Pixabay)

Anda dapat mengonsumsi buah naga dengan berbagai cara, misalnya dimakan langsung, diolah menjadi jus, atau dicampur sebagai isian salad buah. Namun, sebaiknya jangan mengolah buah naga dengan tambahan gula.

Buah naga memiliki kandungan gula alami yang membuatnya terasa manis. Menambahkan gula atau pemanis lain, seperti sirop, ke dalam olahan buah naga justru akan menjadikannya tinggi kalori, sehingga dapat menghambat program diet Anda.

Selain mengonsumsi buah naga, tentunya Anda juga perlu berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi, serta menghindari makanan berlemak dan tinggi kalori untuk menurunkan berat badan.

Jika ingin mengetahui lebih jauh efektivitas atau manfaat buah naga untuk diet, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter juga dapat memberi tahu cara yang tepat untuk menurunkan berat badan sesuai kondisi kesehatan Anda.

AYO BACA : Data Zona Hijau, Kuning, Oranye, dan Merah Kelurahan di Surabaya per 10 Juni

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar