Bahaya Duduk Terlalu Lama, Sakit Pinggang hingga Risiko Diabetes

  Jumat, 11 Juni 2021   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi duduk terlalu lama (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Meskipun terlihat sebagai posisi yang santai, siapa sangka duduk terlalu lama juga menyimpan risiko kesehatannya tersendiri.  Padahal, duduk dalam durasi waktu yang lama kerap sulit dihindari terutama bila Anda adalah pekerja kantoran.

Posisi duduk di kursi--terutama bila kursi Anda tidak ergonomis--menaruh beban yang lebih banyak pada bagian punggung Anda ketimbang pada saat berdiri. Hal ini berpotensi memunculkan keluhan sakit punggung hingga pinggang bila teralu sering dilakukan.

Melansir dari WebMD, Jumat 11 Juni 2021, terdapat setidaknya lima risiko yang patut diwaspadai bila Anda kerap duduk terlalu lama dalam keseharian : 

Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

AYO BACA : 2 Bahan Alami untuk Mengobati Ambien

Para ilmuwan pertama kali menyadari ada sesuatu yang terjadi dalam sebuah penelitian yang membandingkan dua kelompok serupa: pengemudi angkutan umum, yang duduk hampir sepanjang hari, dan kondektur atau penjaga, yang tidak. Meskipun pola makan dan gaya hidup mereka sangat mirip, mereka yang sering duduk dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang berdiri.

Risiko Demensia

Jika Anda terlalu banyak duduk, otak Anda dapat nampak seperti orang dengan demensia. Duduk juga meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, yang semuanya berperan dalam kondisi tersebut. Untuk menurunkan risiko semua masalah kesehatan ini, luangkan waktu untuk bergerak dan berolahraga ringan di sela posisi duduk Anda.

Meningkatkan Risiko Diabetes

Jika Anda duduk sepanjang hari, kemungkinan Anda terkena diabetes menjadi lebih tinggi. Hal tersebut bukan hanya karena Anda membakar lebih sedikit kalori. Namun, dokter juga menyimpulkan bahwa terlalu banyak duduk dapat mengubah cara tubuh Anda bereaksi terhadap insulin--hormon yang membantu membakar gula dan karbohidrat untuk energi.

Menyebabkan Sakit Tulang Belakang

Posisi duduk memberi tekanan besar pada otot punggung, leher, dan tulang belakang Anda. Lebih buruk lagi jika Anda membungkuk. Carilah kursi yang ergonomis -- artinya kursi itu memiliki ketinggian yang tepat dan menopang punggung Anda di tempat yang tepat. Tapi ingat, tidak peduli seberapa nyaman Anda, punggung Anda tetap akan terbebani dengan durasi duduk yang panjang. Bangun dan bergerak selama satu atau dua menit setiap setengah jam untuk menjaga tulang belakang Anda tetap segaris.

AYO BACA : 5 Dampak Buruk Kurang Tidur, dari Depresi Hingga Libido Rendah

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar