Ada Kuota Gratis 50 GB dari WhatsApp? Caranya Begini?

  Sabtu, 12 Juni 2021   M. Naufal Hafizh
Ada Kuota Gratis 50 GB dari WhatsApp? Caranya Begini? (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Beredar pesan berantai di WhatsApp yang mengklaim bahwa ada Kuota gratis 50 GB dari WhatsApp dalam rangka perayaan ulang tahun perusahaan. Apakah hal itu benar?

Adapun nasari dari pesan tersebut, yakni:

“Anda sekarang bisa mendapatkan paket internet gratis 50GB (Semua Jaringan) berlaku selama 90 hari di Perayaan Ulang Tahun WhatsApp.

Saya Telah Menerima Punyaku. Cepat Sebelum Habis

https://asvip1.top/j/50GB/?s=1″

Berdasarkan pemeriksaan fakta oleh Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia), yang dikutip dari turnbackhoax.id, konten tersebut adalah konten palsu.

Setelah ditelusuri, link tersebut merupakan link palsu. Diketahui bahwa informasi resmi dari pihak WhatsApp hanya bisa diakses dari tautan www.whatsapp.com.

“Kalau resmi dari kami, linknya pasti link kita juga, semisalnya facebook.com atau whatsapp.com,” jelas pihak WhatsApp kepada tim Tempo saat mengonfirmasi isu serupa pada 2019 silam.

Pesan tersebut merupakan Hoaks Lama yang Bersemi Kembali dan pernah muncul beberapa tahun kebelakang yaitu pada tahun 2018, 2019, dan 2020.

Meskipun serupa, narasi dan tautan yang dicantumkan berbeda dari tahun sebelumnya.

Klarifikasi terkait bagi-bagi kuota gratis dari WhatsApp juga pernah dibahas dalam artikel Turnbackhoax.id yang berjudul “[SALAH] Pesan Berantai Ulang Tahun WhatsApp ke-11 Gratis Kuota 35GB” pada tanggal 1 Agustus 2020.

Melansir dari Kompas.com, motif bagi-bagi kuota gratis dengan mengakses link dari pesan berantai adalah penipuan untuk mencuri data pengguna. Modus ini adalah trik lama yang digunakan peretas untuk mengelabui pengguna. Agar menarik minat masyarakat modus ini biasanya mengatasnamakan perusahaan besar.

Dengan demikian, klaim bahwa pihak ada kuota gratis 50 GB dari WhatsApp di perayaan ulang tahun adalah hoaks dalam kategori konten palsu.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar