Hal yang Pasti Membuat Kepersertaan Gelombang 17 Dicabut oleh Panitia

  Minggu, 13 Juni 2021   Andres Fatubun
Pengumuman Gelombang 17. (kartu prakerja)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Gelombang 17 sudah diumumkan akhir pekan lalu. Ada hal yang pasti membuat kepersertaan Gelombang 17 dicabut oleh panitia yaitu soal pembelian pelatihan. 

Waktu tersisa untuk membeli pelatihan bagi peserta gelombang 17 memang masih lama, yaitu 30 hari sejak menerima SMS pengumuman pada 10 Juni. 

AYO BACA : Menegangkan, Pemain Denmark Tiba-tiba Terkapar di Lapangan

Namun demikian peserta Gelombang 17 disarankan segera membeli pelatihan jika tidak ingin masuk daftar hitam kartu prakerja.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020, bahwa setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak tercatat menjadi peserta Kartu Prakerja.

AYO BACA : Piala Eropa 2020 Grup B : Belgia Menang Telak Atas Rusia

Apabila lewat dari batas tersebut dan penerima belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan penerima Kartu Prakerja akan dicabut dan dimasukkan ke dalam daftar hitam.

Berikut ini langkah mengikuti pelatihan dengan Kartu Prakerja Gelombang 17

1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia
2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia
3. Sobat harus menonton video tentang Kartu Prakerja yang ada di dashboard sebelum membeli pelatihan pertama
4. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu
5. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja
6. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS pengumuman. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut.

Peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta. Rinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta (tidak bisa dicairkan), insentif pasca-pelatihan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50 ribu untuk tiga kali atau Rp 150 ribu.

Itulah informasi perihal yang pasti membuat kepersertaan Gelombang 17 dicabut oleh panitia. Semoga kamu bisa mengantisipasnya ya.

AYO BACA : Piala Eropa 2020 Grup B : Finlandia Tekuk Denmark

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar