Pasien Covid-19 Meningkat, Bed RSLI Surabaya Tinggal 31 Buah

  Rabu, 16 Juni 2021   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi tenaga kesehatan (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Hingga saat ini, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya masih terus bertambah. Penanggung jawab RSLI, I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengungkapkan,  hingga Selasa 15 Juni 2021, jumlah pasien yang dirawat sebanyak 369 orang. 

Jumlah tersebut terdiri atas pekerja migran yang baru kembali sebanyak 64 orang, pasien Klaster Madura 210 orang, Klaster Pondok Surabaya 12 orang, dan pasien umum 83 orang. Padahal, ketersediaan tempat tidur di rumah sakit tersebut hanya 410 orang.

 "Daya tampung RSLI 410 bed, sekarang terisi 369 pasien. Masih ada space 31 orang," kata Nalendra sebagaimana dilansir dari Republika, Rabu 16 Juni 2021. 

Nalendra mengungkapkan, pihaknya juga telah mengupayakan penambahan tenaga kesehatan seiring terjadinya lonjakan pasien Covid-19. Terdiri dari enam dokter dan 12 perawat, yang kesemuanya dari TNI. Nalendra menyatakan, pihaknya juga tengah mengupayakan penambahan kapasitas tempat tidur di rumah sakit tersebut.

"Sudah diupayakan penambahan nakes yaitu 6 dokter dan 12 perawat dari TNI serta tetap berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi Jatim untuk kebutuhan Nakes tersebut. Kebutuhan bed segera diupayakan dengan dukungan logistik dari BPBD Jatim," ujarnya.

Nalendra menyoroti perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia yang mengalami kenaikkan di banyak tempat. Ia mengingatkan, lonjakan kasus di Cilacap, Kudus, Lamongan, Ponorogo, dan Bangkalan, selayaknya menjadikan lebih waspada dan mawas diri. Menurutnya, semua pihak harus lebih berhati-hati serta sigap dan tanggap pada kondisi yang ada.

"Pandemi Covid belum berakhir, dan malah ada indikasi menuju second wave. Semua stakeholder harus bahu membahu mengatasinya," kata Nalendra.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar