Kadar Gula Darah Normal Wanita, Pria, & Cara Menurunkan Gula Darah dengan Teh Daun Kelor

  Sabtu, 19 Juni 2021   M. Naufal Hafizh
Kadar Gula Darah Normal Wanita, Pria, & Cara Menurunkan Gula Darah dengan Teh Daun Kelor. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Apakah kadar gula darah normal wanita dan pria sama? Bagaimana cara menurunkan gula darah dengan teh daun kelor?

Menurut penjelasan dari dr Ester Agustina, kadar gula darah wanita dan pria tidak berbeda. Rata-rata memiliki kadar gula darah yang sama.

Namun, kadar gula dararh ini bisa berubah sebelum dan sesudah makan atau juga saat waktunya tidur. Kadar gula darah normal pun tidak berpatokan pada satu angka baku.

Kadar Gula Darah Normal Wanita dan Pria

Seusai makan, sistem pencernaan akan memecah karbohidrat menjadi gula atau glukosa yang bisa diserap oleh aliran darah. Zat tersebut sangat penting untuk sumber energi sel-sel tubuh Anda. Darah mengalirkan zat gula ini menuju sel-sel tubuh guna menjadikannya energi.

Namun, zat gula ini harus melewati sebuah ‘pintu’ untuk memasuki sel-sel tersebut. Hormon yang berperan dalam membuka ‘pintu’ itu adalah insulin. Insulin dihasilkan oleh pankreas. Setelah memasuki sel, zat gula ini akan dibakar menjadi energi yang bisa Anda pakai. Gula yang lebih akan disimpan di hati untuk dipakai di kemudian hari.

Kadar gula darah normal wanita & pria, batas kadar gula darah rendah dan batas kadar gula darah tinggi:

  1. Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
  2. Dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL
  3. Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL
  4. Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL

Tanda-tanda Gula Darah Rendah

Batas gula darah rendah adalah ketika angkanya di bawah 70 mg/dL. Sementara itu, batas gula darah tinggi jika angkanya lebih dari 200 mg/dL.

Berikut ini tanda gula darah rendah:

  1. Tubuh lemas
  2. Kulit pucat
  3. Berkeringat
  4. Kelelahan
  5. Gelisah
  6. Sulit berkonsentrasi
  7. Mudah marah
  8. Kesemutan di area mulut
  9. Tidak mampu berdiri atau berjalan
  10. Kejang
  11. Jantung berdebar

Selain itu, kadar gula darah rendah sama mematikannya dengan kadar gula darah tinggi. Gula darah rendah bisa menyebabkan koma hingga kerusakan otak.

Ciri-ciri Gula Darah Tinggi:

Seperti dilansir dari Daily Star, berikut adalah 6 tanda seseorang memiliki kadar gula darah tinggi.

1. Terus merasa lelah

Tubuh mengubah makanan menjadi glukosa yang digunakan tubuh untuk mengisi energi. Mereka yang menderita diabetes tipe 2 tidak akan memiliki cukup insulin untuk membuat glukosa yang dapat membuat penderita merasa lelah terus menerus.

Tanda-tanda Anda Idap Diabetes, Sering Lelah di Jam-jam Ini

 2. Penglihatan kabur

Kelebihan gula darah yang disebabkan oleh diabetes tipe 2 dapat merusak pembuluh darah kecil di mata. Hal ini dapat menyebabkan penglihatan kabur, di satu atau kedua mata, yang mungkin datang dan pergi.

3. Penyembuhan luka melambat

Memiliki gula darah tinggi dari waktu ke waktu dapat memengaruhi aliran darah yang menyebabkan kerusakan saraf. Ini bisa membuat tubuh Anda sulit menyembuhkan luka.

4. Sangat sering buang air kecil

Ginjal bekerja ekstra keras pada mereka yang menderita diabetes, karena mereka mencoba menghilangkan kelebihan gula dengan menyaringnya keluar dari darah. Hal ini membuat penderita diabetes perlu buang air kecil lebih sering.

5. Selalu merasa haus dan lapar

Mereka yang menderita diabetes tipe 2 sering tidak mendapatkan energi yang cukup dari makanan yang mereka makan. Karena penderita diabetes tidak memiliki cukup glukosa untuk bergerak ke dalam sel-sel tubuh, membuat mereka merasa lapar terus-menerus.

Selain itu, karena sering buang air kecil, maka akan menyebabkan tubuh kehilangan air tambahan. Ini dapat menyebabkan dehidrasi, dan membuat penderita merasa lebih haus dari biasanya.

6. Kesemutan, mati rasa atau sakit di tangan dan kaki

Kadar gula darah yang tinggi dapat mempengaruhi sirkulasi darah, dan merusak saraf di dalam tubuh.

Jika seseorang memiliki diabetes tipe 2 yang tidak terdiagnosis, mereka mungkin merasakan kesemutan atau kesakitan di tangan dan kaki.

Selain itu, kadar gula darah tinggi yang tidak terkontrol juga bisa menimbulkan komplikasi berbahaya, seperti ketoasidosis diabetik dan sindrom hiperglikemi hiperosmolar nonketotik (HHNK).

Cara Menurunkan Gula Darah dengan Teh Daun Kelor

Secangkir teh kelor dalam sehari akan membantu Anda menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, mendetoksifikasi tubuh Anda. Selain itu, teh kelor dapat memberikan dampak pada kulit dan rambut yang sehat secara keseluruhan.

Teh kelor pada dasarnya berasal dari stik drum atau pohon lobak. Teh ini sebenarnya asli berasal dari India Utara. Sementara polong utamanya digunakan untuk memasak, daunnya digunakan untuk membuat obat-obatan herbal dan teh.

Manfaat Rutin Minum Teh Daun Kelor

Berikut hal yang akan terjadi pada tubuh, jika Anda mengonsumsi teh kelor secara teratur selama minimal tiga bulan.

1. Rambut dan Kulit Sehat Bernutrisi

Kelor sangat kaya akan antioksidan. Yang berarti ia memiliki kekuatan untuk melawan peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh, sehingga menjaga racun di teluk dan berpotensi membersihkan kulit. Protein yang ditemukan dalam daun moringa, sangat membantu dalam melembabkan kulit kepala dan rambut.

2. Gula Darah Teratur

Gula darah tinggi berpotensi menyebabkan penyakit yang berkaitan dengan jantung dan diabetes. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kadar gula darah.

Kelor memiliki senyawa tanaman yang disebut isothiocyanate yang berlimpah, yang secara efektif membantu menurunkan kadar gula darah.

3. Mengurangi Lingkar Pinggang

Daun teh membantu mengubah lemak visceral yang disimpan menjadi energi. Setiap kali lapar, Anda dapat menukar makanan berkalori tinggi dengan teh daun kelor yang padat nutrisi dan rendah lemak. Penghargaan tersebut dapat diberikan kepada jumlah polifenol yang tinggi di kelor, sejenis antioksidan yang menjaga usus Anda dan kesehatan secara keseluruhan tetap terkendali.

Cara Membuat Teh Daun Kelor

  1. Petik daun kelor secukupnya dan bersihkan
  2. Rebus daun kelor beberapa menit dengan wadah tertutup kurang lebih 3-5 menit
  3. Blender air rebusan dan daun kelor
  4. Masukkan ke gelas dan minum. Anda bisa menambahkan madu atau bahan lainnya agar rasa daun kelor lebih enak.

Itulah kadar gula darah normal wanita dan pria, serta cara menurunkan gula darah dengan teh daun kelor dan cara membuat teh daun kelor.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar