6 BUAH UNTUK HIPERTENSI & Cara Mengobati Hipertensi secara Alami

  Sabtu, 19 Juni 2021   M. Naufal Hafizh
BUAH UNTUK HIPERTENSI & Cara Mengobati Hipertensi secara Alami. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Apa saja buah untuk hipertensi agar penyakit tersebut mereda? Lalu, bagaimana cara mengobati hipertensi secara alami?

Hipertensi yang tidak segera diobati akan menyebabkan berbagai penyakit yang mengancam nyawa seperti gagal jantung, penyakit ginjal, hingga stroke.

Hipertensi terjadi jika tekanan darah di atas normal.

Batas Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia

Berikut ini tekanan darah normal dewasa, anak-anak, hingga lansia, dikutip dari Alodokter:

Tekanan darah normal anak-anak

  • Anak usia prasekolah (3–5 tahun):
    • Batas normal tekanan sistolik 95-110 mmHg
    • Batas tekanan diastolik 56-70 mmHg.
  • Anak usia sekolah (6–13 tahun)
    • Batas normal tekanan sistolik 97-112 mmHg
    • Batas normal tekanan diastolik 57-71 mmHg.

Tekanan darah normal remaja

Pada remaja usia 13–18 tahun, batas normal tekanan sistoliknya berkisar antara 112–128 mmHg dan diastolik berkisar antara 66–80 mmHg.

Variasi tekanan darah di dalam batas normal seorang remaja dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, misalnya tinggi badan, jenis kelamin, dan waktu pengukuran tekanan darah.

Tekanan darah normal dewasa

Secara umum, orang dewasa dikatakan memiliki tekanan darah normal jika angkanya berada di atas 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg.

Tekanan darah normal bisa naik atau turun tergantung aktivitas fisik yang Anda jalani dan kondisi emosional yang tengah Anda alami.

Pada ibu hamil, perubahan hormonal menyebabkan kisaran tekanan darah menjadi lebih rendah. Bahkan pada ibu hamil, tekanan darah 120/80 mmHg sudah termasuk kategori harus berhati-hati akan risiko preeklamsia.

Tekanan darah normal lansia

Tekanan darah normal pada orang lanjut usia (lansia) cenderung lebih tinggi, yaitu itu < 150>

Jika tekanan darahnya terlalu rendah, lansia malah bisa mengalami pusing dan hipotensi ortostatik sehingga meningkatkan risiko jatuh dan cedera.

Penyebab Hipertensi

buah-untuk-hipertensi-2

  1. Penyakit ginjal
  2. Penyakit kelenjar tiroid
  3. Tumor kelenjar adrenal
  4. Kelainan bawaan pada pembuluh darah
  5. Kecanduan alkohol
  6. Penyalahgunaan NAPZA
  7. Gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur (sleep apnea)
  8. Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat penurun panas, obat pereda nyeri, obat batuk pilek, atau pil KB

Ciri-ciri Hipertensi

CIri-Hipertensi

Berikut ini 10 ciri-ciri hipertensi yang harus Anda waspadai:

  1. Mual
  2. Muntah
  3. Sakit kepala
  4. Mimisan
  5. Sesak napas
  6. Nyeri dada
  7. Gangguan penglihatan
  8. Telinga berdenging
  9. Gangguan irama jantung
  10. Darah dalam urine

Perlu diketahui, gejala yang telah disebutkan di atas tidak selalu terjadi pada setiap penderita hipertensi. Oleh karena itu, jangan menunda pemeriksaan tekanan darah sampai gejala muncul, karena bisa akan berakibat fatal.

Buah untuk Hipertensi

Mengutip Alodokter, berikut ini 6 buah untuk hipertensi sebagai obat alami:

1. Pisang

Buah ini menjadi cara mengobati hipertensi secara alami. Kandungan kalium di dalam pisang membantu menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh, sehingga mampu mengontrol tekanan darah. Anda dapat mengonsumsi pisang secara utuh, memanggang, atau mencampurnya ke dalam sereal.

2. Semangka

semangka

Buah semangka mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium. Buah ini juga mengandung L-citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

3.  Anggur

Kandungan polifenol di anggur berguna untuk mengontrol tekanan darah. Polifenol dikenal sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu, buah ini juga mengandung tinggi serat dan rendah kalori, sehingga jika dikonsumsi secara rutin bisa mencegah munculnya sindrom metabolik, termasuk hipertensi.

4. Kiwi

Kiwi memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium. Sebuah penelitian menemukan bahwa penderita hipertensi yang rutin mengonsumsi tiga buah kiwi sehari mengalami penurunan tekanan darah yang lebih cepat.

5. Delima

Menurut penelitian, mengonsumsi jus buah delima lebih dari satu cangkir sehari selama empat minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (batas atas) dan diastolik (batas bawah). Meski begitu, belum diketahui kandungan apa yang membuat buah delima dapat menurunkan tekanan darah. Para peneliti menduga bahwa kandungan kalium dan polifenol dalam buah inilah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Buah bit

Buah bit juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menemukan adanya penurunan tekanan darah sistolik setelah enam jam mengonsumsi buah tersebut. Hal ini karena kandungan nitrat di dalam buah bit berperan dalam penurunan tekanan darah.

Cara Mengobati Hipertensi secara Alami

1. Olahraga rutin

Olahraga 30 menit sehari dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 5 sampai 8 mmHg.

2. Konsumsi makanan yang sehat

Hindari makanan yang mengandung banyak lemak, terutama lemak jenuh.

Perbanyaklah makan kalium. Jenis mineral yang satu ini dapat mengurangi efek natrium dalam darah yang jadi penyebab tekanan darah tinggi.

3. Hindari stres

Kenali penyebab stres yang Anda derita, lalu pertimbangkan cara mengatasinya seperti tidur lebih awal atau mengambil cuti untuk berlibur.

4. Kurangi natrium dalam asupan makanan

Mengurangi natrium dalam asupan makanan sehari-hari juga efektif menurunkan tekanan darah tinggi sebesar 5 sampai 6 mmHg.

Itulah buah untuk hipertensi dan cara mengobati hipertensi secara alami yang bisa Anda coba.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar