4 Cara Ampuh Turunkan Risiko Keguguran Saat Hamil

  Minggu, 20 Juni 2021   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi kehamilan (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Risiko keguguran kerap membayangi para ibu yang tengah mengandung buah hatinya. Oleh karenanya, tindakan pencegahan untuk meminimalisasi risiko keguguran dapat dilakukan. 

Sebagaimana dilansir dari Suara.com, Minggu 20 Juni 2021, berikut hal-hal yang sebaiknya dilakukan ibu hamil atau calon ibu hamil untuk menurunkan risiko keguguran.

4 Cara Menghindari Keguguran Saat Hamil

1. Temui dokter jika Anda pernah mengalami keguguran

Jika Anda pernah mengalami keguguran sebelumnya, sebaiknya segera temui dokter untuk menemui akar masalahnya. Misalnya, bisa saja Anda memiliki risiko mengalami pembekuan darah.

"Jika ditemukan akar masalahnya, biasanya dokter akan meresepkan obat pengencer darah untuk menjaga kehamilan di masa depan," terang Spesialis Obgyn, Leena S. Nathan.

2. Makan teratur dan olahraga

Menjaga kesehatan adalah solusi terbaik untuk mencegah terjadinya keguguran, seperti berhenti merokok dan minum alkohol, makan makanan seimbang dan rutin berolahraga.

3. Pertahankan berat badan ideal

Diabetes dan obesitas salah satu penyakit kronik yang ditandai dengan berat badan berlebihan. Kedua penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi lain saat fase kehamilan.

Adapun Nathan menyarankan untuk mengontrol berat badan sebelum masa kehamilan. Bahkan disarankan calon ibu hamil untuk menurunkan berat badannya.

4. Batasi asupan kafein

Tidak hanya di kopi, kafein juga terkandung dalam teh. Sehingga disarankan ibu hamil tidak mengonsumsi asupan kafein, lebih dari 3 dosis yang diperbolehkan.

Demikian tips untuk mencegah keguguran pada saat hamil. Menjaga kesehatan tubuh dan jiwa adalah salah satu hal terbaik untuk memelihara buah hati di dalam kandungan. 

 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar