Batas Gula Darah Normal Wanita & 4 Menu Sarapan Penderita Diabetes

  Senin, 21 Juni 2021   M. Naufal Hafizh
Batas Gula Darah Normal Wanita & 10 Menu Sarapan Penderita Diabetes yang Harus Dihindari & Dikonsumsi

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM Kadar gula darah normal wanita dan pria menurut dr Ester Agustina tidak berbeda. Rata-rata memiliki kadar gula darah yang sama. Lalu, adakah menu sarapan penderita diabetes yang boleh dikonsumsi dan tidak?

Kadar gula darah bisa berubah sebelum dan sesudah makan atau juga saat waktunya tidur. Kadar gula darah normal pun tidak berpatokan pada satu angka baku.

Batas Gula Darah Normal Wanita dan Laki-laki

Seusai makan, sistem pencernaan akan memecah karbohidrat menjadi gula atau glukosa yang bisa diserap oleh aliran darah. Zat tersebut sangat penting untuk sumber energi sel-sel tubuh. Darah mengalirkan zat gula ini menuju sel-sel tubuh guna menjadikannya energi.

Namun, zat gula ini harus melewati sebuah ‘pintu’ untuk memasuki sel-sel tersebut. Hormon yang berperan dalam membuka ‘pintu’ itu adalah insulin. Insulin dihasilkan oleh pankreas. Setelah memasuki sel, zat gula ini akan dibakar menjadi energi yang bisa Anda pakai. Gula yang lebih akan disimpan di hati untuk dipakai di kemudian hari.

Kadar gula darah normal, batas kadar gula darah rendah dan batas kadar gula darah tinggi:

  1. Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
  2. Dua jam setelah makan: kurang dari 140 mg/dL
  3. Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL
  4. Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL

Daftar Menu Sarapan Penderita Diabetes

Banyak menu sarapan sehat dan enak yang bisa dikonsumsi, tapi apa saja menu sarapan yang aman bagi penderita diabetes?

Ini 6 menu sarapan penderita diabetes yang tidak boleh dikonsumsi:

1. Bagel dan krim keju

Mengutip Republika, menu sarapan penderita diabetes pertama yang tidak boleh dikonsumsi adalah bagel dan krim keju.

Menurut Toby Smithson, Ahli Diabetes Lifestyle, bagel dapat menambahkan lebih dari 50 gram karbohidrat jika dimakan untuk sarapan. Krim keju juga tidak direkomendasikan sebab mengandung karbohidrat dan lemak jenuh.

"Jangan tertipu dengan krim keju, karena di dalamnya hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada protein. Secara keseluruhan, makanan ini mengandung banyak karbohidrat dan lemak jenuh," kata Smithson.

2. Muffin yang dibeli di toko

Menurut ahli diet terdaftar, Dana Angelo White, muffin dari toko tidak ideal untuk mengontrol kadar glukosa darah di pagi hari. Muffin biasanya dibuat dari biji-bijian olahan. Dan jika dipasangkan dengan tambahan gula, Anda akan mendapatkan banyak karbohidrat tanpa banyak nutrisi.

3. Yogurt manis

Yogurt yang ditambahi buah atau perasa juga bisa memiliki tambahan gula yang cukup banyak, yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Meski yogurt memang mengandung protein, yogurt juga mengandung gula dalam bentuk laktosa.

4. Sereal manis

Ahli diet, Melissa Halas mengatakan bahwa mengonsumsi sereal manis tidak ideal untuk penderita diabetes. "Dikhawatirkan Anda akan memakannya lebih dari porsi yang disarankan. Plus, sereal berserat tinggi pun sering kali dikemas dengan gula," kata Halas.

5. Kue manis

Donat, croissant, dan roti kayu manis mungkin begitu menggiurkan untuk disantap kala sarapan. Tetapi roti tersebut berisi tambahan gula yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Selain itu, roti tersebut juga sering kali tinggi lemak jenuhnya, yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Orang dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung dan disarankan untuk meminimalkan konsumsi lemak jenuhnya.

6. Pancake

Setumpuk pancake yang ditaburi mentega dan sirup maple, memang enak tapi belum tentu menjadi pilihan terbaik jika Anda menderita diabetes. Porsi besar mentega di atasnya, membuat sarapan pancake lebih tinggi lemak jenuhnya.

4 Menu Sarapan Penderita Diabetes yang Harus Dikonsumsi

Mengutip timenownews, ini 4 menu sarapan yang baik bagi penderita diabetes:

1. Oat

Oat adalah salah satu makanan yang paling mengandung serat. Sarapan oat dapat membantu mengatur kadar gula darah, juga memberi rasa kenyang. Oat juga dianggap sebagai salah satu pilihan sarapan paling sehat untuk menurunkan berat badan.

2. Omelet

Omelet cukup populer di masyarakat Indonesia. Bahannya juga murah dan mudah didapat. Omelet kaya akan protein, sehingga cocok dijadikan sarapan bagi penderita diabetes. Agar lebih sempurna bisa dilahap dengan sepotong roti, atau menambahkan sayuran bergizi seperti tomat, bawang bombay, wortel, jamur, dan lainnya ke dalam adonan omelet.

3. Kacang

Kacang adalah makanan dengan indeks glikemik (GI) rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Mencampurkan sayuran dengan kacang juga dapat membantu meningkatkan nilai gizi, dan memberikan lebih banyak serat bagi tubuh.

4. Poha

Ini merupakan salah satu sarapan paling populer di India. Poha terbuat dari beras atau beras merah yang dihancurkan sehingga kaya serat. Anda juga bisa menambahkan sayuran pilihan ke dalamnya. Poha juga merupakan makanan probiotik yang baik, yang memastikan pencernaan lebih baik dan usus yang sehat.

Itulah kadar gula darah normal wanita & pria, dan menu sarapan penderita diabetes yang harus dikonsumsi dan dihindari.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar