Covid-19 Terus Melonjak, RS Rujukan di Situbondo Terisi 90%

  Senin, 21 Juni 2021   Nur Khansa Ranawati
[Ilustrasi] Simulasi penanganan pasien Covid-19 di RSHS Bandung (Ayobandung.com)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Kasus Covid-19 di Situbondo hingga saat ini masi terus mengalami peningkatan. Hal itu menyebabkan ketersediaan ruang ICU di rumah sakit menipis.

Dilansir dari Suara.com, Senin 21 Juni 2021, tercatat ada penambahan 72 pasien baru dalam tiga hari terakhir. Penyebaran Virus Corona di Situbondo dinilai masuk fase darurat, sebab 90 persen ruangan ICU di dua rumah sakit rujukan telah terisi pasien.

“Sejak 18 hingga 20 Juni ada lonjakan 72 pasien baru di Situbondo dan tercatat tujuh pasien meninggal,” kata Bupati Situbondo Karna Suswandi. 

Satgas Covid-19 setempat telah menambah ruang ICU dan non-ICU di dua rumah sakit rujukan.  ICU di RSUD Abdoer Rahem Situbondo misalnya, tercatat memiliki 16 ruangan dan sudah terisi 87, 5 persen. Sedangkan di RS Elizabeth sudah terisi 94 persen.

Satgas Covid-19 Situbondo telah mempersiapkan antisipasi lonjakan pasien Covid-19. Selain menambah ruangan ICU dan non-ICU di RSUD Abdoer Rahem, Satgas juga menyiapkan dua rumah sakit milik pemerintah lainnya yaitu RSUD Besuki dan RSUD Asembagus menjadi alternatif rumah sakit rujukan bagi pasien.

Bupati Karna menambahkan, meski menambah kapasitas rumah sakit rujukan, Ia berharap masyarakat meningkatkan kedisiplinan dan tak meremehkan Covid-19.

“Jangan sampai pasien tak tertangani di rumah sakit dan Satgas menyiapkan beberapa opsi. Satgas juga menyiapkan GOR Baluran menjadi tempat isolasi pasien. Oleh karena itu, masyarakat diimbau mematuhi protokol kesehatan dengan cara disiplin menerapkan 5M,” katanya.

Kekinian, jumlah pasien Covid-19 di Situbondo sebanyak 2.723 pasien, terdiri dari 2.391 pasien sembuh serta 211 pasien meninggal. Masih ada 121 pasien saat ini dalam perawatan medis, yaitu 25 pasien dirawat di rumah sakit, empat pasien karantina di gedung observasi, dan 92 pasien isolasi mandiri.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar