Berburu Ikan Channa yang Sedang Digandrungi di Surabaya

  Senin, 21 Juni 2021   Praditya Fauzi Rahman
Acara komunitas pecinta ikan Chana. (Komunitas Pecinta Ikan Channa)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Spesies Ikan Channa sedang naik daun. Bahkan, famili dari ikan gabus dengan nama latin Channidae itu kian melambung di kalangan pecinta ikan hias di kota pahlawan.

Kolektor dan komunitas pun semakin berebut koleksi ikan channa terbaik. Harganya bermacam-macam. Bahkan bisa mencapai Rp 20 juta untuk jenis Channa Auranti.

Salah satu pemilik Ikan Channa, Ryan, menjelaskan perawatan ikan channa cukup mudah. Justru, tak usah menggunakan filter air. 

AYO BACA : Ratusan Warga Madura Datangi Kantor Pemkot Surabaya Minta Tes Swab Dihentikan

Ikan yang memiliki warnanya cantik dengan khas selingan kuning, merah, dan sebagainya dinilai memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih, komunitas juga turut serta dalam meningkatkan popularitas Channa kepada khalayak. 

"Jenis (channa) auranti yang paling banyak disukai," kata Ryan, Senin (21/6/2021). 

Ryan menjelaskan, ikan channa bersifat teritorial. Serupa dengan Cupang, Channa juga menyerang sejenisnya yang nekat masuk ke wilayah kekuasaannya. 

AYO BACA : Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Sering Telat dan Melihat Pesan yang Dihapus Pengirim

Maka dari itu, ikan yang memiliki 20 macam atau jenis itu kerap dipelihara sendiri saja dalam sebuah akuarium. Dalam perlombaan, kriteria ikan Channa dinilai bisa menjadi juara dari mental, jenis, dan warna ketika bertemu lawan dalam 1 aquarium.

Ketika Ryan mengadakan event, antusiasme pengunjung nampak begitu meriah. Sebab, kegiatan yang digelar selama 10 hari di kota pahlawan tak pernah sepi pengunjung.

"Banyak yang beli. Sejak pandemi, baru ini kita adakan event," ujarnya. 

Ryan berharap, para pecinta Channa bisa tetap saling bersilaturahmi dan mengenalkan pamor reptil serta ikan hias masing-masing. Dengan begitu, bisa saling bertukar pikiran dan masukan satu sama lain.

AYO BACA : Kadin Jatim Nilai SE Wali Kota soal Swab Masuk Surabaya Bebani Perusahaan dan Karyawan

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar