13 Menu sarapan untuk Diet yang Enak & Jam Makan agar Berat Badan Turun

  Selasa, 22 Juni 2021   M. Naufal Hafizh
13 Menu sarapan untuk Diet yang Enak & Jam Makan agar Berat Badan Turun. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Anda perlu tahu 13 menu sarapan untuk diet dan jam makan agar berat badan turun.

Ke-13 makanan ini sehat dan mudah didapatkan. Setelah mengonsumsinya, semoga Anda segera langsing dan fit.

Berikut ini daftar 13 menu sarapan untuk diet yang sehat untuk menurunkan berat badan:

1. Telur

Protein dalam telur membuat kenyang lebih lama dan menurunkan berat badan dibanding karbohidrat dan lemak.

Kuning telur juga kaya nutrisi sehat seperti kalsium dan antioksidan. Telur juga memberikan manfaat baik bagi mata karena mengandung lutein dan zeaxanthin.

Ingin Diet? 7 Minuman Enak, Segar, dan Alami Ini Ampuh Usir Lemak Perut

2. Yoghurt

Protein dalam yoghurt dapat menurunkan berat badan, membuat kenyang lebih lama, hingga berguna membangun otot tubuh.

3. Selai kacang

Menu sarapan untuk diet cepat yang sehat selanjutnya adalah selai kacang. Selai kacang termasuk salah satu makanan yang membantu menurunkan berat badan menurut laporan yang diterbitkan di New England Journal of Medicine dan Harvard.

Selai kacang akan memberikan lemak sehat, serat, dan protein yang baik bagi tubuh. selai kacang juga mengandung kurang dari 200 kalori, 7 gram protein, dan 2 gram serat. Hal ini sangat baik untuk menjaga bentuk tubuh.

Agar Diet Sukses, 4 Hal Ini Jangan Dimakan usai Pukul 4 Sore

4. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang dianjurkan untuk diet adalah kacang almond, kedelai, polong, kacang hijau, dan lainnya yang mudah Anda dapatkan di pasar. Kacang-kacangan dikenal kaya serat dan nutrisi, mineral, serta protein nabati.

4 Kebiasaan di Pagi Hari ini Bikin Berat Badan Naik, Diet Bisa Gagal!

5. Pepaya

Pepaya kaya serat dan membantu mengusir timbunan lemak di tubuh.

Enzim papain dalam pepaya menjaga kesehatan usus juga membantu meningkatkan fungsi pencernaan sepanjang hari.

Menu Diet Sehat, Rutin Sarapan 2 Telur Bisa Turunkan Berat Badan

6. Apel

Buah apel kaya akan vitamin A, C, dan juga mengandung sejumlah mineral dan potasium. Kandungan seratnya yang tinggi membantu mengatasi sembelit dan juga menjaga sistem pencernaan sehat.

7. Timun

Timun bisa Anda campurkan ke dalam salad. Kandungan enzim yang disebut erepsin, dapat membantu menjaga pencernaan tetap sehat. Efek dari kandungan timun juga dapat membantu mengatasi asam lambung, gastritis, dan tukak lambung.

Sedang Diet? Jangan Lakukan Hal-hal Sepele yang Bikin Berat Badan Naik Ini!

8. Madu lemon

Madu dan lemon terkenal dengan manfaatnya untuk pencernaan dan kekebalan tubuh. Jika ingin mengonsumsi duo ini saat sarapan, konsumsilaj saat perut sedang kosong. Madu dan lemon juga membantu meningkatkan metabolisme dan dapat menurunkan berat badan.

9. Raspberi

Mengonsumsi rasberi tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi membantu menurunkan berat badan. Secangkir raspberi menghasilkan 8 gram serat. Hal itu dua kali lipat dari jumlah yang ada pada secangkir stroberi dan jenis kacang-kacangan lain.

Penelitian di Journal of Nutrition menunjukkan, makan lebih banyak serat berguna untuk mencegah penambahan berat badan atau bahkan mendorong penurunan berat badan.

5 Minuman Segar Ini Bantu Diet Cepat dan Sehat

10. Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat sehingga membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini sangat berguna untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

Tidak hanya itu, menurut penelitian, sarapan yang dibuat dengan karbohidrat, seperti oatmeal atau sereal 3 jam sebelu olahraga, dapat membantu membakar lemak di dalam tubuh. Mengonsumsi oatmeal saat sarapan sangat baik untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

11. Wheat germ atau gandum utuh

Ini adalah jenis gandum yang belum diolah menjadi tepung. Gandum ini mudah didapatkan dengan harga murah lho. Anda bisa konsumsi dalam bentuk roti gandum utuh yang bisa diperoleh di toko swalayan.

Terdapat vitamin dan mineral seperti mangan, tiamin, dan selenium juga serat pada gandum utuh. Jumlah seratnya mencapai hampir 4 gram per porsi 1 ons. Ini baik untuk membuat Anda tetap kenyang dalam waktu lama dan menstabilkan gula darah.

4 Kebiasaan di Pagi Hari ini Bikin Berat Badan Naik, Diet Bisa Gagal!

12. Pisang

Buah ini baik dikonsumsi oleh semua orang, termasuk yang sedang diet. Satu buah yang berukuran sedang mengandung setidaknya 100 kalori dan 3 gram serat makanan. Ini baik untuk memenuhi perut yang sedang kosong saat pagi, mencegah keinginan ngemil, sekaligus menjaga agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

13. Buah kiwi

Buah kiwi kaya vitamin C, K, dan kalium, juga serat. Ini baik bagi kesehatan dan program diet Anda. Sarapan dengan buah-buahan, tidak hanya buah kiwi, sebenarnya dapat membantu mengenyangkan dan bikin langsing lho, dikutip dari Suara.

Itulah 13 menu sarapan diet cepat yang sehat untuk diet menurunkan berat badan yang enak dan mesti Anda coba!

Jam Makan untuk Diet

Menu sarapan untuk diet tidak akan terlalu berarti jika jam makan berantakan. Karena itu, waktu makan harus diatur agar berat badan turun.

Berikut ini jam sarapan, makan siang, dan makan malam untuk diet, dilansir The Times of India:

1. Sarapan

Untuk membantu menurunkan berat badan, konsumsilah sarapan tinggi protein antara pukul 06.00-10.00 pagi agar mengurangi risiko penumpukan lemak dan membuat Anda tidak mudah merasa lapar.

Ahli gizi, Niti Desai, juga merekomendasikan Anda sarapan pagi-pagi sekali. Menurut National Weight Control Registry, sekira 80% orang yang makan pada jam-jam tersebut mampu menurunkan berat badan 16 kg lebih banyak dibanding yang lain.

Waspadai Perbedaan Mengantuk Akibat Diabetes dan Mengantuk Biasa

2. Camilan pagi

Camilan pertengahan pagi tidak mutlak diperlukan, tetapi hanya jika Anda merasa lapar. Tubuh kita membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mencerna dan menyerap makanan. Disarakan menikmati camilan pagi 2-4 jam setelah sarapan.

Aturan waktu tersebut membuat Anda kenyang dalam jangka lebih lama dan menjaga energi hingga sore hari.

Ingin Diet? 7 Minuman Enak, Segar, dan Alami Ini Ampuh Usir Lemak Perut

3. Makan Siang

Anda harus mencoba makan siang sebelum pukul 15.00. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti memeriksa 300 orang yang menjalani program menurunkan berat badan dan ditemukan bahwa orang yang makan siang sebelumnya mampu mengurangi lebih banyak berat badannya.

Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Orang Lain

4. Camilan siang

Sama seperti camilan pada pagi, Anda harus makan camilan sore 2-4 jam setelah makan siang. Ngemil di antara waktu itu mencegah Anda makan berlebihan.

Makan dalam porsi kecil menjadi pilihan yang baik dan jangan ngemil dengan jeda waktu yang lama antara makan sebelumnya karena akan membuat Anda makan berlebihan.

Cobalah untuk mengonsumsi kacang, buah, smoothie untuk camilan. Meningkatkan asupkan buah dan sayur juga mempercepat proses penurunan berat badan.

Sesar Aktif di Jatim Terus Bergerak Berpotensi Gempa, Ini Imbauan Peneliti

5. Makan malam

Disarankan untuk makan malam sebelum pukul 19.00. Sesuai penelitian yang dilakukan oleh Brigham Young University, peneliti meminta 29 pria untuk tidak makan apapun setelah pukul 19.00 selama beberapa minggu dan mereka kemudian diminta makan apapun yang mereka inginkan selama 2 minggu lagi.

Ditemukan bahwa orang-orang yang makan pada pukul 07.00 malam memiliki 244 kalori lebih sedikit, yang pada akhirnya membantu mengurangi berat badan.

6 Hewan Paling Setia di Dunia, Termasuk Buaya!

Itulah 13 menu sarapan untuk diet dan jam makan agar berat badan turun termasuk jam sarapan, makan siang, dan makan malam untuk diet menurunkan berat badan yang bisa Anda coba.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar