Daftar 14 Wilayah Jatim yang Akan Hujan Petir Hari Ini, Catat Jamnya!

  Rabu, 23 Juni 2021   M. Naufal Hafizh
Daftar 14 Wilayah Jatim yang Akan Hujan Petir Hari Ini, Catat Jamnya! (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Sedikitnya ada 14 wilayah Jatim akan hujan petir hari ini, Rabu, 23 Juni 2021.

Mengutip BMKG, berikut ini daftar 14 wilayah Jatim yang akan hujan disertai petir hari ini:

  1. Pacitan (Siang dan sore)
  2. Ponorogo (Siang dan sore)
  3. Trenggalek (Sore)
  4. Kota Blitar (Siang)
  5. Kabupaten Blitar (Siang dan sore)
  6. Kota Malang (Siang dan sore)
  7. Kabupaten Malang (Siang dan sore)
  8. Lumajang (Sore)
  9. Jember (Siang dan sore)
  10. Banyuwangi (Sore)
  11. Jombang (Siang)
  12. Magetan (Siang dan sore)
  13. Bangkalan (Siang dan sore)
  14. Batu (Siang dan sore)

Adapun waktu terjadinya hujan petir tersebut berbeda-beda setiap wilayah.

13 Menu sarapan untuk Diet yang Enak & Jam Makan agar Berat Badan Turun

Berikut ini prediksi waktu hujan petir yang disampaikan BMKG:

cuaca-jatim-hujan-petir-1

cuaca-jatim-hujan-petir-2

Prediksi BMKG soal Kemarau 2021

Sebelumnya, BMKG memprediksi Indonesia akan secara bertahap memasuki kemarau mulai April 2021.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, musim kemarau 2021 terjadi secara bertahap. Diprediksi mulai terjadi pada April 2021 yaitu untuk wilayah Nusa Tenggara dan Bali, lalu wilayah Jawa. Kemudian sebagian wilayah Kalimantan dan Sulawesi pada Mei hingga Juni 2021.

Dari total 342 Zona Musim (Zom) di Indonesia, sebanyak 22,8 persen diprediksi akan mengawali musim kemarau pada bulan April 2021, yaitu beberapa zona musim di Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian Jawa.

Ini Kadar Gula Darah Normal Wanita & Daftar 10 Makanan yang Harus Dikonsumsi & Dihindari

Kemudian sebanyak 30,4 persen wilayah akan memasuki Musim Kemarau pada bulan Mei 2021, meliputi sebagian Nusa Tenggara, sebagian Bali, Jawa, Sumatera, sebagian Sulawesi, dan sebagian Papua.

Sementara itu, sebanyak 27,5 persen wilayah akan memasuki Musim Kemarau pada bulan Juni 2021, meliputi sebagian Sumatera, Jawa, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi, sebagian kecil Maluku, dan Papua.

"Musim Kemarau pada tahun 2021 akan datang lebih lambat dengan akumulasi curah hujan yang mirip dengan kondisi musim kemarau biasanya. Artinya, musim kemarau 2021 cenderung normal dan kecil peluang terjadinya kekeringan meteorologis," ujar Dwi, Kamis (25/3/2021) dilansir Suara.com.

Chat WhatsApp yang Dihapus Pengirim Bisa Dilihat, Begini Caranya

Puncak Musim Kemarau

Sementara itu, puncak musim kemarau 2021 di sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi terjadi pada Agustus 2021. Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, institusi terkait, dan seluruh masyarakat diharapkan untuk lebih siap dan antisipatif terhadap kemungkinan dampak musim kemarau terutama di wilayah yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan, dan rawan terjadi kekurangan air bersih.

Pemerintah Daerah dapat lebih optimal melakukan penyimpanan air pada musim kemarau ini untuk memenuhi danau, waduk, embung, kolam retensi, dan penyimpanan air buatan lainnya di masyarakat melalui gerakan memanen air hujan.

Main HP saat Hujan Petir Bahaya atau Tidak?

Banyak anggapan bahwa main HP atau smartphone saat hujan disertai petir sangat membahayakan karena dapat menyambar orang yang main HP tersebut, terutama saat sedang mengisi daya HP. Namun, apakah hal itu hoaks?

Pakar Keselamatan Kilat di National Weather Service, John Jensenius, menyatakan, menggunakan HP saat petir berlangsung tidak membahayakan.

Dia juga menyanggah mitos yang mengatakan bahwa menggunakan ponsel saat terjadi petir akan membahayakan jiwa.

Tanda Kiamat Matahari Terbit dari Barat, Terbit dari Utara Bagaimana Penjelasannya?

"Hal pertama yang harus dipahami semua orang adalah tidak ada sesuatu yang benar-benar bisa menarik kilat, tetapi kilat menyambar melalui kabel, pagar, dan benda-benda seperti itu. Jadi, jika Anda menggunakan ponsel saat terjadi petir, kemungkinan besar Anda tidak akan tersambar olehnya," kata John Jensenius, dilansir dari Accuweather.

Menurut John Jensenius, ada kesalahpahaman tentang asumsi kebanyakan orang yang menganggap bahwa ponsel bisa menarik petir. Jika ada orang yang tersambar petir saat sedang menggunakan ponsel, orang-orang akan beranggapan bahwa ponsel itu adalah penyebabnya.

Padahal dalam kenyataannya, John Jensenius mengatakan, sambaran petir tidak ada hubungannya dengan ponsel yang digenggam.

Segera Hentikan, 6 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Ginjal Rusak!

Dijual Bebas, Obat dan Suplemen Ini Bisa Rusak Ginjal, Hati-hati!

4 Makanan Enak Ini Jadi Penyebab Gagal Ginjal, Sering Dimakan?

"Kuncinya adalah Anda harus berada di tempat yang aman sehingga Anda tidak tersambar petir. Tidak peduli apakah Anda membawa ponsel atau tidak," tuturnya.

Namun, lain halnya dengan telepon rumah. Penggunaan telepon rumah saat terjadi petir tidak aman karena telepon rumah tersambung dengan kabel di luar ruangan.

Secara teknis, petir bisa menyambar secara tidak langsung melalui kawat ke telepon rumah dan dapat melukai orang yang sedang menggunakannya.

"Tempat Anda berada ialah yang paling penting. Jika Anda berada di dekat menara ponsel, ini adalah hal buruk karena petir akan datang dan menghantam menara ponsel," kata Dan Kottlowski, Ahli Meteorologi Senior AccuWeather.

6 Tanda Kadar Gula Darah Tinggi, Termasuk Selalu Lelah

5 Makanan Alami yang Ampuh Turunkan Gula Darah

5 Makanan yang Meningkatkan Gula Darah Selain Makanan yang Manis

Dengan begitu, ketika ada petir menyambar, Kottlowski menyarankan orang untuk berlindung ke tempat yang tertutup, seperti mobil atau gedung.

Itulah inforamasi daftar wilayah Jatim yang akan mengalami hujan petir hari ini, Rabu, 23 Juni 2021.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar