Kartu Prakerja Gelombang 18 Dibuka Kapan? Ini Syarat Agar Lolos

  Rabu, 23 Juni 2021   M. Naufal Hafizh
Kartu Prakerja Gelombang 18 Dibuka Kapan? Ini Syarat Agar Lolos. (Prakerja.go.id)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Kartu Prakerja gelombang 18 dibuka kapan? Pertanyaan itu muncul seiring kabar yang beredar di Facebook belum lama ini.  Selain itu, ada syarat yang harus dipenuhi agar lolos

Sebagaimana diketahui, beredar kabar di forum Diskusi Kartu Prakerja Facebook bahwa pendaftaran gelombang 18 sudah dibuka.

Informasi tentang pendaftaran prakerja gelombang 18 pertama kali diunggah akun Aditya Albe.

Aditya Albe membagikan informasi bahwa prakerja gelombang ke-18 sudah dibuka pada hari Jumat dan akan ditutup Senin mendatang.

"CEK DASBOARD PRAKERJA GELOMBANG 18 SUDAH RESMI DI BUKA JUMAT DAN DI TUTUP SENIN ,.. BURUAN," tulis pemilik akun Aditya Albe, Jumat (18/6/2021).

Unggahan tersebut mengundang kegaduhan dan menuai reaksi dari warganet. Lantas Kartu Prakerja gelombang 18 dibuka kapan?

Dikutip dari Suara, pendaftaran kartu prakerja gelombang ke-18 belum dibuka.

Head of Communications Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan bahwa kabar yang beredar di Facebook itu hoaks alias tidak benar.

Kabar yang valid terkait kartu prakerja ke-18 kapan dibuka, dapat dilihat melalui akun resmi Kartu Prakerja, yaitu Website, Instagram dan Facebook @prakerja.go.id. Lantas kartu prakerja gelombang 18 dibuka kapan?

Berdasarkan akun Instagram @prakerja.go.id, pendaftaran kartu prakerja gelombang selanjutnya belum resmi diumumkan.

Namun, kemungkinan besar pendaftaran kartu prakerja ke-18 baru akan dibuka pada semester II atau sekitar bulan Juli 2021. Informasi tersebut berdasarkan pada tayangan di YouTube Channel resmi Kemenko Perekonomian, (4/6/2021).

"Tahun ini Prakerja kira-kira 8,2 juta dan ini sudah jalan semester I 2,7 juta. Dan ini akan dilanjutkan di semester kedua," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam Youtube Kemenko Perekonomian, Jumat (4/6/2021).

Disebutkan bahwa kuota prakerja gelombang ke-18 dibuka untuk 5,5 juta pada semester 2 tahun 2021 ini.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 18

Untuk mendaftar kartu prakerja, perlu disiapkan beberapa hal seperti syarat dan cara mendaftar. Berikut syarat dan ketentuan daftar kartu prakerja berdasarkan Permenko Nomor 11 Tahun 2020:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dilihat dari Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Berusia minimal 18 tahun
  3. Tidak sedang bekerja maupun menempuh pendidikan formal.

Kriteria Peserta Dibolehkan Mendaftar Kartu Prakerja

Selain itu, terdapat beberapa kriteria penerima kartu prakerja yang diutamakan.

  1. Pencari kerja yang ingin meningkatkan keahlian.
  2. Pekerja atau buruh yang terkena PHK dan terdampak Covid-19.
  3. Bukan penerima bansos Kemensos (DTKS, BSU, BPUM, atau penerima Kartu Prakerja yang sudah menerima pada tahun 2020).
  4. Bukan TNI/Polri, ASN, Anggota DPR/D, BUMN/D, dsb.

Bila memenuhi persyaratan di atas, lakukan registrasi melalui website prakerja.go.id. Kemudian, lakukan tes online berupa kemampuan dasar dan motivasi, lalu tunggu hasil verifikasi. Setelah itu, gabung pada gelombang kartu prakerja dan tunggu informasi lolos atau tidaknya.

Terkait pendaftaran dan seleksi Kartu Prakerja tidak dipungut biaya apapun. Apabila ada informasi yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, silakan cek kevalidannya melalui Contact Center Kartu Prakerja dengan nomor 0800 150 3001.

Sekarang terjawab sudah rasa penasaran atas pertanyaan kartu prakerja gelombang 18 dibuka kapan. Selalu cek pengumuman dan informasi terbaru di situs prakerja.go.id atau media sosial resmi Kartu Prakerja Instagram @prakerja.go.id.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar