Ahli Ungkap Jenis Diet yang Bisa Turunkan Risiko Kanker

  Rabu, 23 Juni 2021   Nur Khansa Ranawati
Roti gandum adalah salah satu makanan sehat dalam diet DASH (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Mengontrol asupan makanan ke dalam tubuh adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan jangka panjang manusia. Termasuk mengurangi risiko sejumlah penyakit serius seperti kanker.

Mengontrol asupan makanan dapat dilakukan dengan mengikuti program diet yang telah dirancang dengan baik dan terukur. Diet tak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga meningkatkan pengetahuan nutrisi yang bertujuan memangkas risiko beberapa jenis kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Ahli diet terdaftar di Klinik Cleveland menyebutkan bahwa salah satu jenis diet yang dapat dicoba adalah diet DASH. Diet ini kependekan dari Dietary Approaches That Stop Hypertension atau pendekatan diet yang bisa menghentikan tekanan darah tinggi.

Salah satu ahli diet, Kate Patton, MEd, RD, CSSD, LD mengatakan, diet DASH membawa asupan natrium individu menjadi 2.300 miligram per hari. Diet DASH juga meningkatkan jumlah kalium yang dimakan, karena kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah.

Penelitian menemukan diet DASH dapat menurunkan risiko seperti kanker payudara, kanker kolorektal, sindrom metabolik yang merupakan sekelompok kondisi yang bersama-sama meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke.

"Itu tidak memerlukan makanan khusus dan Anda tidak perlu kelaparan atau menghilangkan camilan,” kata Patton, sebagaimana dilansir dari Republika, 23 Juni 2021. 

Rekomendasi makanan yang dianjurkan sebagai komponen utama dalam diet DASH : 

Buah-buahan

Diet DASH menyerukan buah-buahan yang mendorong penurunan berat badan paling banyak, menurut sains. Di antaranya pisang, apel, markisa, anggur, dan jeruk.

Sayuran

Ubi jalar ini hanyalah salah satu contoh dari banyak sayuran kaya potasium.
 
Gandum Utuh

Oatmeal hanyalah salah satu dari beberapa biji-bijian dengan kandungan potasium yang sehat. Lainnya termasuk beras merah, soba, dan sereal dedak.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti banyak kacang-kacangan termasuk kacang hitam mengandung banyak potasium. Segenggam kecil kacang dapat mengemas potasium dalam jumlah yang kuat, ditambah lagi mereka memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya.

Susu Rendah Lemak

Sebuah studi tahun 2020 yang didanai oleh National Dairy Council menyimpulkan bahwa susu mengandung sembilan nutrisi penting, termasuk potasium dan Vitamin D.

Blog Klinik Cleveland mencantumkan beberapa makanan yang tidak direkomendasi pada diet DASH. Di antaranya daging berlemak seperti daging merah atau unggas dengan kulit,  produk susu penuh lemak seperti mentega dan susu murni, makanan dan minuman tinggi gula, minyak yang padat pada suhu kamar, seperti minyak kelapa dan kelapa sawit.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar