4 Dampak Terlalu Lama Duduk, Salah Satunya Hipertensi

- Rabu, 23 Juni 2021 | 14:27 WIB
Ilustrasi bekerja sambil duduk. Terlalu lama duduk dapat sebabkan gangguan kesehatan. (Unsplash)
Ilustrasi bekerja sambil duduk. Terlalu lama duduk dapat sebabkan gangguan kesehatan. (Unsplash)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Duduk lama di kursi adalah hal yang tidak terhindarkan terutama bila Anda adalah pekerja kantoran. Namun, Anda perlu waspada. Pasalnya, duduk terlalu lama bisa sebabkan gangguan kesehatan.

Dilansir dari Suara.com, Rabu 23 Juni 2021, duduk bukan hanya memberi tekanan pada tubuh bagian bawah, melainkan juga menghalangi sirkulasi darah. Itulah yang membuat Anda merasakan mati rasa di bagian tubuh jika duduk terlalu lama.

"Gaya hidup yang tak banyak bergerak ini bersama dengan Covid-19, sudah menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang dapat membuat masa depan Anda penuh kerepotan. Saya bakal berbagi masalah paling umum yang dihadapi orang saat mereka terus duduk selama berjam-jam," ungkap Dr Samudrika Patil, ahli endokrinologi klinis dan CEO Vedicure Healthcare and Wellness.

Berikut 4 Dampak Buruk dari Telalu Lama Duduk

1. Menambah berat badan

Penambahan berat badan dan penurunan metabolisme merupakan konsekuensi utama dari duduk terlalu lama. Ketidakaktivan fisik bisa memicu penurunan metabolisme Anda dan menyebabkan penambahan berat badan.

Selain itu, ada sebagian orang yang juga menunjukkan beberapa tanda kecemasan dan pembentukan gumpalan darah gara-gara duduk terlalu lama. 

2. Hipertensi

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak sebenarnya lebih berbahaya ketimbang apa yang kita pikirkan. Sebagian besar gangguan gaya hidup termasuk diabetes mellitus, hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit kardiovaskular bisa dicegah dengan olahraga ringan setiap hari.

Tak diragukan lagi bahwa duduk dengan postur yang sama selama berjam-jam bisa jadi penyebab timbulnya nyeri pada tulang belakang.

"Duduk lama dapat berdampak negatif pada pinggul dan punggung Anda (kesehatan tulang belakang). Ini dapat memengaruhi postur Anda, membuat otot fleksor Anda menjadi lebih pendek."

"Hal ini bisa menyebabkan perubahan postur tubuh yang juga dapat memengaruhi kesehatan tulang belakang Anda. Ini dapat menyebabkan kompresi cakram dan juga bisa menyebabkan degenerasi lebih dini. Sayangnya, konsekuensinya bisa sangat menyakitkan," ujar Dr Patil.

3. Kelemahan pada tungkai dan bokong

Menurut Dr Patil, duduk terlalu lama juga bisa membikin otot kaki besar Anda lemah. Kondisi itu akan menyebabkan kelemahan umum terkait kekuatan fisik.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Rekomendasi

Terkini

X