Rahasia Cara Menabung Orang Kaya & Cara Mengatasi Masalah Keuangan saat Pandemi

  Kamis, 24 Juni 2021   M. Naufal Hafizh
Rahasia Cara Menabung Orang Kaya & Cara Mengatasi Masalah Keuangan saat Pandemi. (Pixabay)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Ada rahasia cara menabung orang kaya yang barangkali belum Anda terapkan. Selain itu, ada juga cara mengatasi masalah keuangan saat pandemi yang bisa Anda lakukan.

Anda barangkali pernah bertanya, bagaimana cara orang kaya menabung uangnya hingga menjadi miliarder? Inilah rahasianya.

Akuntan publik dan perencana keuangan bersertifikat  Thomas C Corley, yang juga telah mewawancarai 233 orang tajir di dunia, mengungkapkan rahasianya. Ternyata, 177 di antara miliarder itu membangun kekayaan dari hasil jerih payah sendiri (self-made).

Selain cara menabung orang kaya, Corley pun menjelaskan kebiasan sehari-hari para orang kaya untuk memupuk kekayaan.

Adapun sebanyak 80 % orang kaya self-made tidak menjadi kaya hingga usia 50 tahun. Namun, hampir semuanya memulai dengan cara yang sama.

"Orang-orang yang kaya dengan usahanya sendiri dalam studi saya semuanya memasang tujuan menabung sebesar 10 sampai 20 persen dari penghasilan mereka sebelum menjadi miliarder," ujar Corley.

Kartu Prakerja Gelombang 18 : Dibuka di Sini dan Cara Daftarnya

Jika mengintip orang-orang Amerika Serikat (AS), menurut data St Louis Federal Reserve, rata-rata warga AS menyisihkan 8 persen dari penghasilan untuk ditabung. Bagi mereka, yang penting adalah tujuan dari menabung.

Dengan menggunakan sistem yang disebut Corley sebagai "sistem wadah," mereka membagi tabungan mereka menjadi empat kategori, yakni tabungan pensiun, pengeluaran spesifik, pengeluaran tak terduga, dan pengeluaran siklikal.

Keempat strategi ini ampuh bagi hampir separuh orang kaya yang dia temukan dalam studinya.

Dengan perilaku tersebut, mereka bisa hidup dengan kurang 80 persen dari gajinya, tetap konsisten dan sabar, serta tak pernah menyombongkan kekayaan.

Cara Mengatasi Masalah Keuangan saat Pandemi

Saat pandemi, tak sedikit yang mengalami masalah keuangan, entah karena berkurangnya pemasukan atau ada sebab lainnya. Hal ini membuat kita merasa khawatir. Bagaimana dengan hidup sehari-hari?

Terlalu khawatir soal masalah keuangan bisa mengakibatkan stres. Ujung-ujungnya, memengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Dilansir Pinkvilla, ini 7 cara mengatasi masalah keuangan saat pandemi:

1. Catat pengeluaran

Catat semua pengeluaran dan pinjaman.

Catat tempat Anda menghabiskan uang, dan cobalah untuk berhemat atau mengurangi pengeluaran di pos itu.

Catat juga pengeluaran-pengeluaran kecil yang kerap dianggap sepele. Dengan mengetahuinya, Anda bisa mencoba untuk berhenti mengeluarkan uang meski kecil.

2. Buat anggaran

Saat membuat anggaran, Anda dipaksa untuk membatasi pengeluaran. Keluarkanlah uang dengan bijak dan usahakan tidak melanggar anggaran yang dibuat.

Cara Membuat Teh Jahe untuk Diet, MENU DIET Alami yang Cepat Menurunkan Berat Badan

3. Dana darurat berupa uang tunai

Baiknya, simpan dana darurat berupa uang tunai di rumah. Hal ini lebih memudahkan saat pandemi seperti ini. Jika tidak, pastikan HP yang memuat mobile banking tidak hilang.

4. Gaya hidup sederhana dan minimalis

Gaya hidup sederhana dan minimalis tidaklah buruk. Orang-orang di dunia pun sedang melakukan gaya hidup ini agar uang benar-benar digunakan untuk hal yang penting.

5. Buat rencana ke depan

Segera rencanakan masa depan dan kemungkinan terburuk. Misalnya, Anda diberhentikan dari tempat kerja karena terdampak pandemi. Baiknya, perencanaan masa depan dilakukan untuk 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun ke depan.

6. Kebahagiaan Bukan Cuma Materi

Berhentilah berpikiran bahwa kebahagiaan adalah memiliki segala materi yang mengakibatkan Anda banyak belanja. Ingatlah gaya hidup minimalis dan cara kebahagiaan dalam bentuk yang lain seperti menjalani waktu bersama keluarga atau produktif menciptakan hal-hal baru.

KUOTA GRATIS KEMENDIKBUD JUNI 2021, Pulsa 200 Ribu, Kuota 125 GB, Ini Pengumuman Resminya

7. Latihan bersyukur

Berbahagialah dengan apa yang masih kamu miliki saat ini. Sebelum Anda pergi tidur di malam hari, pastikan Anda adalah orang yang bahagia dan puas dengan apapun yang saat ini masih dimiliki, entah itu rumah tempat berteduh, keluarga yang sehat, atau apapun. Mengeluh kekurangan tidak akan pernah membuat bahagia. Anda akan selalu mengejar kebahagiaan jika Anda terus merasa kekurangan.

Itulah rahasia cara menabung orang kaya hingga menjadi miliarder dan 7 cara mengatasi masalah keuangan saat pandemi. Apa kamu sudah menerapkannya?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar