Mata Kedutan Sebelah Kiri dan Kanan Tanda 6 Penyakit Berbahaya & Cara Mengatasinya

  Kamis, 24 Juni 2021   M. Naufal Hafizh
Mata Kedutan Sebelah Kiri dan Kanan Tanda 6 Penyakit Berbahaya & Cara Mengatasinya. (Pixabay)

JAKARTA, AYOSURABAYA.COM -- Mata kedutan sebelah kiri dan kanan bisa disebabkan sejumlah hal, mulai dari ketegangan mata, stres, mata kering, kelelahan, merokok, alergi, asupan kafein maupun tembakau. Mata kedutan juga bisa menjadi tanda 6 penyakit yang berkaitan dengan otak.

Mata kedutan bisa berlangsung singkat, tapi bisa pula selama beberapa hari bahkan minggu. Padahal seharusnya mata kedutan sebelah kiri dan kanan tidak bertahan lebih dari beberapa minggu.

Jika Anda mengalami mata kedutan selama beberapa minggu, Anda mesti konsultasi dengan ahli kacamata dan dokter umum.

Jika kelopak mata tertutup sepenuhnya setiap kali terjadi kedutan mata, hal ini bisa menjadi kondisi yang disebut blepharospasm.

Tes Kepribadian dan Jawaban: 4 Gambar untuk Tahu Trauma Anda

"Blepharospasm adalah kedutan abnormal, yang membuat kelopak mata mengalami penutupan spasmodik. Kondisi ini disebabkan oleh kejang otot orbicularis oculi, otot yang biasanya membuat Anda berkedip," kata Dr Mary Lowth dikutip dari Express.

Selain itu, kondisi ini diduga disebabkan fungsi ganglia basalis yang abnormal di otak.

Ahli kacamata Sharon Copeland pun menambahkan, kelopak mata yang berkedut bisa merupakan tanda peringatan dini dari gangguan otak dan sistem saraf tertentu, seperti:

  1. Penyakit parkinson
  2. Distonia serviks
  3. Dystonia
  4. Sklerosis ganda
  5. Sindrom Tourette
  6. Oromandibular dystonia dan facial dystonia

Mata kedutan sebelah kiri dan kanan harus diperiksakan oleh ahli kesehatan, jika kondisi ini berlangsung selama beberapa minggu dan disertai dengan mata merah atau bengkak.

Kartu Prakerja Gelombang 18 : Dibuka di Sini dan Cara Daftarnya

Anda juga disarankan mendatangi dokter bila mengalami kedutan kronis hingga membuat Anda kesulitan membuka mata.

Sharon Copeland menambahkan, setiap kedutan mata di wajah dan bagian lain dari tubuh kudu segera diselidiki. Tanda peringatan lainnya yaitu mata yang mulai terlihat lesu dan berkedut dalam waktu lama.

Sharon Copeland pun memiliki beberapa rekomendasi untuk mengatasi mata kedutan, yaitu:

1. Alergi

Saat musim semi tiba, orang-orang mungkin mengalami iritasi mata karena serbuk sari yang terbang di udara. Sharon mengatakan, alergi mata melepaskan histamin ke mata yang menyebabkan iritasi, pembengkakan, hingga mata berkedut.

Namun, demam maupun alergi serbuk sari bukan satu-satunya penyebab di balik mata sensitif. Kondisi ini bisa jadi karena produk pembersih baru di rezim kamu.

Namun, menghindari penggunaan produk pembersih ini tidak cukup membantu mengatasi mata kedutan Anda.

2. Ketegangan mata dan mata kering

Banyak orang barangkali sudah menghabiskan banyak waktu untuk duduk di depan layar komputer atau laptop selama pandemi virus corona Covid-19.

Waktu penggunaan laptop maupun komputer yang lama bisa membuat mata tegang sehingga menyebabkan mata sakit, sensitif, dan kering yang bisa menyebabkan mata berkedut.

Cara Membuat Teh Jahe untuk Diet, MENU DIET Alami yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Sharon merekomendasikan pijat mata lembut, sesekali berkedip, dan mengunjungi ahli kacamata untuk melihat kondisi mata Anda.

Selain itu, dia menyarankan penggunaan obat tetes mata untuk membantu mengembalikan kelembapan dengan memproduksi air mata buatan untuk menghentikan mata kedutan.

Jika hal ini terus berulang, segera bicarakan dengan ahli kacamata atau dokter umum terkait mengenai solusi jangka panjang untuk mata kering Anda.

Itulah informasi mengenai mata kedutan sebelah kiri dan kanan yang mesti Anda waspadai, demikian dilansir Himedik.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar