Pekan Ini, Surabaya Berstatus Zona Merah

  Rabu, 21 Juli 2021   Andres Fatubun
Ilustrasi Surabaya zona merah. (Photo by Rasyid Maulana on Unsplash)

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM -- Berdasarkan data yang disampaikan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur, pekan ini Kota Surabaya berstatus zona merah atau berisiko tinggi terhadap penyebaran virus corona. Sebelumnya Surabaya berada di zona oranye atau risiko sedang.

Data Covid-19 di Kota Surabaya per 20 Juli 2021 menyebutkan kasus konfirmasi bertambah sebanyak 1311 sehingga secara total menjadi 39440. Sementara kasus aktif bertambah 697, total 10.472. Pasien sembuh bertambah 609 menjadi 27496 dan kasus meninggal bertambah lima orang menjadi 1472.  

Daftar Zona Merah di Jatim Naik Pekan Ini, Naik dari 19 Menjadi 33 Kabupaten/Kota

Anggota Satuan Tugas Kuratif COVID-19 Jawa Timur, dr. Makhyan Jibril, menjelaskan secara umum zona merah di Jatim per pekan ini mengalami penambahan drastis. Dari 38 kabupaten/kota, 33 di antaranya berstatus zona merah. Sedangkan sisanya lima kabupaten/kota berada di zona oranye.

Dengan demikian, di Jatim tak ada satu pun daerah berstatus zona kuning (risiko penularan rendah), apalagi zona hijau (tidak berisiko penularan). 

Jibril menjelaskan naiknya angka dan bertambahnya daerah zona merah karena kasus yang meningkat selama sepekan terakhir. 

"Penentuan zona dari Satgas Pusat juga karena didasarkan 15 indikator epidemiologi mingguan," ucap dokter muda yang juga juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Jatim tersebut.

Selain itu, kata dia, juga disebabkan faktor peningkatan kapasitas testing (pengujian) maupun pemeriksaan sampel yang naik tiga kali lipat.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar