Pemkot Surabaya Bebaskan Retribusi SWK se-Surabaya Hingga PPKM Darurat Usai

  Rabu, 21 Juli 2021   Praditya Fauzi Rahman
Ilustrasi pedagang kuliner Surabaya. (Adismara Putri Pradiri on Unsplash)

GENTENG, AYOSURABAYA.COM -- Pemerintah Kota Surabaya membebaskan biaya retribusi bagi 49 pedagang di Sentra Wisata Kuliner di kota pahlawan. 

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Surabaya, Widodo Suryantoro, mengatakan pembebasan retribusi puluhan SWK itu berlaku selama bulan Juli 2021. Keringanan diberikan karena para pedagang masih terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Pekan Ini, Surabaya Berstatus Zona Merah

"Menyikapi masa PPKM Darurat, pedagang mengalami penurunan pemasukan signifikan, oleh karena itu kita lakukan pembebasan (retribusi) khusus bulan Juli 2021," ujar kata Widodo, Rabu (21/7/2021).

Dia menjelaskan, kebijakan pembebasan retribusi itu dinilai penting. Supaya, para pedagang SWK tak terbebani biaya sewa ketika hendak membayar retribusi selama PPKM Darurat. 

Hal tersebut dilakukan usai Pemkot Surabaya mengkroscek hasil penjualan melalui single kasir. Hasilnya, seluruh pedagang SWK mengalami penurunan omset yang cukup drastis.

Zona Merah di Jatim Naik dari 19 Menjadi 33 Kabupaten/Kota, Ini Daftarnya

Widodo menegaskan kembali, pembebasan retribusi SWK berlaku hingga PPKM Darurat rampung atau sekitar akhir Juli 2021 saja. Sebab, pemerintah menetapkan perpanjangan PPKM Darurat hingga sepekan terakhir saja.
 
Apabila PPKM Daruratnya rampung, pembayaran retribusi kembali normal. Mengingat, para pembeli sudah bisa melakukan makan di tempat kendati harus menerapkan protokol kesehatan ketat dan ada batasan durasi.

Hingga Selasa (20/7/2021) kemarin, sudah ada belasan pedagang SWK yang mengurus pembebasan retribusi secara langsung ke beberapa dinas terkait. "Otomatis tidak kita tarik (retribusi), meskipun tidak mengurus pembebasan," tuturnya. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar