Drawing Piala Dunia U-20 di Bali Batal, 9 Sanki Berat FIFA Menanti?

- Senin, 27 Maret 2023 | 06:15 WIB
FIFA batalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali, Indonesia terancam sanksi. (Kemenpora)
FIFA batalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali, Indonesia terancam sanksi. (Kemenpora)

AYOSURABAYA.COM -- Dugaan mengenai imbas gelombang penolakan keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 membuat drawing yang sedianya digelar di Bali, batal.

Drawing Piala Dunia U-20 di Bali seharusnya berlangsung 31 Maret mendatang. Namun, dibatalkan diduga lantaran ada gelombang protes atas keikutsertaan Israel dalam ajang tersebut.

Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga secara resmi mengabarkan adanya pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFA, melalui konferensi pers di GBK Arena, Minggu, 26 Maret 2023.

Baca Juga: Komitmen! KPK Pastikan Usut Tuntas Dugaan Kasus Korupsi Rafael Alun Trisambodo

Menurut keterangan Arya, FIFA mengirimkan pesan lisan soal pembatalan drawing tersebut ke Ketua LOC (panitian lokal) sekaligus Ketua Umim PSSI Erick Thohir.

“Kemarin kami sudah dapat informasi dari FIFA ke LOC (Panitia Lokal), dalam pemberitahuan belum ada surat resmi tapi sudah jelas bahwa drawing Piala Dunia U-20 telah dibatalkan FIFA. Tapi kami belum dapat surat resmi dari FIFA, namun pesannya jelas bahwa dibatalkan," ujar Arya.

Drawing idealnya dihadiri semua peserta Piala Dunia U-20. Namun, akibat penolakan tersebut, Israel tak bisa turut hadir.

Sebelumnya, Gubernur Bali, I Wayan Koster sebagai pejabat publik menyatakan menolak Timnas Israel sebagai salah satu peserta Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Indonesia.

Arya kemudian menyampaikan kemungkinan-kemungkinan soal imbas dari pembatalan drawing ini, meskipun secara pasti belum diketahui.

Baca Juga: Masyaallah, Lakukan 4 Amalan Penting Ini di 10 Hari Terakhir Ramadhan Yang Menjadi Kebiasaan Rasulullah SAW

"Dampaknya sangat besar, Timnas Indonesia tidak bisa berlaga di pentas internasional. kompetisi kita yang semestinya terafiliasi ke dunia internasional mandek. Salah satu yang membuat Indonesia turun ranking (FIFA) karena ban dari FIFA. Kita tentu tidak ingin hal itu terulang lagi."

Seperti yang telah diketahui, Timnas Indonesia pernah mendapat sanksi dari FIFA pada 2015 silam buntut konflik antara PSSI dengan Kemepora.

Tentu, tak ingin sepak bola Indonesia kembali terhenti karena sanksi FIFA bisa saja kembali didapatkan Timnas Indonesia.

Arya kemudian menyebutkan potensi berat yang bisa didapatkan dari FIFA atas pembatalan drawing ini, yaitu:

1. Indonesia dibukukan FIFA.

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X