Sejarah Renang, Olahraga Sejak Zaman Prasejarah Mulanya Banyak Menggunakan Gaya Dada

- Senin, 8 Agustus 2022 | 19:20 WIB
Sejarah olahraga renang. (Dok. Humas KRASS)
Sejarah olahraga renang. (Dok. Humas KRASS)

AYOSURABAYA.COM -- Siapa yang suka olahraga renang? Olahraga ini dijadikan salah satu alternatif bagi yang tak menyukai latihan fisik berkeringat.

Olahraga renang kerap dilakukan juga bagi orang-orang yang sedang masa pemulihan kondisi fisik maupun menjalankan diet sehat.

Renang merupakan olahraga air yang tentu tak asing lagi bagi banyak orang. Namun, siapa sangka jika renang merupakan olahraga yang sudah lama dikenal sejak Zaman Prasejarah.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Warna Favorit Ungkap Pilihan Karir dan Sifat Terhadap Pekerjaan dan Asmara

Melansir laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud, Renang merupakan olahraga air yang dilakukan dengan menggerakkan badan di dalam air. Umumnya anggota badan yang digunakan dalam renang adalah tangan dan kaki untuk menjaga tubuh agar tetap mengapung di atas permukaan air.

Renang telah dikenal sejak masa prasejarah. Ini diketahui dari penemuan berbagai gua di daerah barat daya Mesir, di sekitar Wadi Sora. Gua-gua tersebut diyakini sebagai tempat tempat perenang manusia zaman batu.

Bukan hanya itu, di gua-gua tersebut ditemukan juga stempel lilin yang diperkirakan sudah ada sejak 4000-9000 tahun sebelum masehi. Tergambar empat orang sedang berenang dengan gaya bebas dalam stempel lilin tersebut.

Baca Juga: Sebelum 17 Agustus 2022, Kartu Prakerja Gelombang 40 Bakal Ditutup?

Sementara, di Babylonia, olahraga renang ini diketahui sebagai aktivitas yang sudah ada sejak dulu yang dibuktikan dengan lukisan yang ditemukan di pada pasir Kebir yang disebut berumur 4000 tahun sebelum masehi. Dalam lukisan tersebut, nampak seseorang tengah berenang dengan gaya dada.

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Sumber: kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X