Mohamed Salah Pecahkan Rekor Hat Trick Tercepat UCL, Rekor UCL Siapa Yang Dikalahkan Mo Salah? Ini Faktanya!

- Jumat, 14 Oktober 2022 | 11:32 WIB
Mohamed Salah ukir rekor Liga Champions dengan torehan waktu 6 menit 12 detik. (Instagram.com/@championsleague)
Mohamed Salah ukir rekor Liga Champions dengan torehan waktu 6 menit 12 detik. (Instagram.com/@championsleague)

AYOSURABAYA.COM -- Hat trick Mohamed Salah untuk Liverpool saat laga melawan Rangers pada 12 Oktober 2022 memecahkan rekor hat trick tercepat yang pernah dicetak di Liga Champions UEFA.Wingers asal Mesir tersebut hanya membutuhkan waktu 6 menit 12 detik untuk mencetak ketiga golnya di markas Rangers.

Dikutip dari statistik yang dikeluarkan OptaJoe hat trick yang dicetak Mohamed Salah merupakan yang paling efisien dari semua 112 hat-trick yang dicetak dalam kompetisi sejak tahun 2003-04 (ketika rekor seperti itu dimulai), dengan 33% sentuhan bolanya berhasil di konversi sebagai gol.

Mohamed Salah yang tampil sebagai pemain pengganti menggantikan Darwin Nunez dalam pertandingan ini, membuatnya menjadi pemain Liverpool ketiga yang mencetak hat trick sebagai pemain pengganti dalam sebuah pertandingan, setelah Steve Staunton melawan Wigan Athletic pada 1989 dan Steven Gerrard melawan Napoli pada 2010.

Baca Juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-25 Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan: Amalan Sunah di Hari Jumat

Deketahui Diogo Jota pada saat pertanding itu menjadi pemberi assist untuk ketiga gol Salah, ini merupakan pertama kali seorang pemain membantu hat trick rekan setimnya di Liga Champions sejak Maret 2012, ketika Franck Ribery menjadi pemberi assist untuk ketiga gol Mario Gomez untuk Bayern Munich saat melawan Basel. 

Ini juga pertama kalinya seorang pemain Liverpool memberikan assist berturut-turut untuk setiap gol hat trick rekan setimnya. Diketahui sebelumnya hal ini pernah dilakukan oleh Stan Collymore yang berhasil membantu hat trick Robbie Fowler saat melawan Arsenal pada Desember 1995.

Lantas rekor siapa yang dipecahkan oleh Salah? hat trick Mohamed Salah  diketahui melampaui rekor Bafetimbi Gomis sebagai pencetak hat trick tercepat dalam sejarah Liga Champions UEFA, dengan selisih dua menit dan 37 detik.

Striker kelahiran Prancis itu mencetak empat gol dalam laga Lyon vs Dinamo Zagreb pada Desember 2011, dengan skor akhir 7-1.

Baca Juga: 3 Pelatih Lokal Layak Gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Gomis sendiri saat itu memecahkan rekor kompetisi dengan mengalahkan rekor striker Inggris Mike Newell, yang mencetak hat trick dalam 9 menit 17 detik saat Blackburn Rovers melawan Rosenborg pada Desember 1995. Rekor tersebut telah bertahan selama 16 tahun, sebelum rekok Bafetimbi Gomis menggantikannya di peringkat satu.

Halaman:

Editor: Reny Diana Putri

Sumber: Twitter, UEFA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X