Mengenal Pasar Bandeng, Tradisi Tahunan Peninggalan Sunan Giri

- Senin, 17 Januari 2022 | 10:55 WIB
Ilustrasi - Pasar Bandeng Gresik, Tradisi Tahunan Peninggalan Sunan Giri ( Miftakhul Ilmi Ma'azzil Muflich)
Ilustrasi - Pasar Bandeng Gresik, Tradisi Tahunan Peninggalan Sunan Giri ( Miftakhul Ilmi Ma'azzil Muflich)


AYOSURABAYA.COM
Pasar Bandeng merupakan tradisi tahunan yang diselenggarakan di Kabupaten Gresik menjelang datangnya peringatan Idul Fitri.

Pasar Bandeng dalam pelaksanaannya dilakukan dengan menggelar kontes ikan bandeng yang dinilai dari bobot ikan bandeng yang sangat besar dan tidak biasa. Kemudian ikan-ikan tersebut dilelang dengan harga yang paling tinggi, maksimal Rp75 ribu per kilogram.

Tujuan dari penyelenggaraan Pasar Bandeng adalah untuk memeriahkan suasana dan menghibur pengunjung.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Makam Sunan Giri Gresik Dipadati Peziarah

Menurut Nur dan Tjiptohadi dalam jurnal “Malem Songolikur: Menyingkap Makna Harga Dibalik Tradisi Lelang Bandeng di Gresik” tahun 2020, Pasar Bandeng berawal dari masa Giri Kedaton yang dipimpin oleh Sunan Giri, yang merupakan rangkaian dalam acara malam selawe (malam ke-25). Malem selawe merupakan acara dimana para santri berbondong-bondong ke Masjid Giri dalam rangka iktikaf.

Setelah menjalankan iktikaf, para santri membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke daerah mereka masing-masing berupa ikan bandeng di Pasar Bandeng. Sejak dahulu produksi ikan bandeng di Gresik memang sangat melimpah.

Pada masa sebelum datangnya Sunan Giri, meskipun produksi ikan bandeng di Gresik melimpah, namun tidak semua kalangan masyarakat dapat menikmatinya. Ikan bandeng merupakan hidangan mewah yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan atas. Kemudian pada masa Sunan Giri, ikan bandeng mulai dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

Baca Juga: BRI Liga 1: Live Streaming, Head to Head, dan Prediksi Skor PSIS Semarang vs Arema FC

Sunan Giri mengadakan tradisi pelelangan di Pasar Bandeng sebagai upaya membantu masyarakat dalam menjual ikan bandeng dan memberi peluang kepada masyarakat untuk mendapatkan penghasilan sebagai bekal dalam persiapan perayaan Idul Fitri.

Ikan bandeng kemudian menjadi sajian khas saat perayaan Idul Fitri di Gresik dan perlu disimpan dalam jumlah yang banyak sebagai persediaan karena di saat Idul Fitri semua pedagang libur dan tidak ada yang berjualan.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tarif Tol Surabaya-Gresik Naik per 3 Januari 2022

Kamis, 30 Desember 2021 | 13:35 WIB
X