Hakim PN Surabaya Pertama, Itong Isnaeni Hidayat, Terjaring OTT KPK

- Kamis, 20 Januari 2022 | 14:48 WIB

AYOSURABAYA.COM -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap hakim pertama di Pengadilan Negeri (PN) Kota Surabaya, Itong Isnaeni Hidayat.

Dalam OTT itu, Itong tidak sendiri. Ia ditangkap bersama panitera pengganti bernama Hamdan SH.

PN Surabaya sendiri tidak akan memberikan pendampingan hukum kepada Itong. Hal ini disampaikan Humas PN Surabaya Martin Ginting.

Baca Juga: Terdakwa Herry Wirawan Akui Menyesal Telah Menodai 13 Santriwati, Minta Hakim Kurangi Hukumannya

"Perbuatan mereka bukan kegiatan yang positif. Sehingga, Mahkama Agung (MA) biasanya tidak memberikan pendampingan hukum," katanya menegaskan, Kamis (20/01/2022), seperti dikutip dari suara.com.

Di PN Surabaya sendiri, baik hakim Itong Hidayat maupun Panitera H belum lama bertugas di lembaga peradilan yang ada di jalan Arjuna Surabaya ini. Keduanya belum satu tahun menjadi bagian dari keluarga besar PN Surabaya.

Hakim Itong Hidayat sebelumnya tercatat sebagai hakim di PN Bandung, sementara Panitera H sebelumnya tercatat bertugas di PN Situbondo.

Baca Juga: Piala Asia Wanita 2022: Link Live Streaming Timnas Putri Indonesia vs Australia

Sementara untuk perkara yang ditangani IIH, PN Surabaya akan langsung mencari pengganti. "Kami langsung mencari hakim penggantinya. Kalau hakim yang lain tetap beraktifitas. Kejadian ini tidak menghambat pelayanan," bebernya.

Ginting juga tidak mengetahui terkait informasi pengacara yang ikut terjaring OTT tersebut.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X